PENGARUH TINGKAT PERCEIVED QUALITY DAN BRAND LOYALTY TERHADAP PEMBELIAN ULANG PRODUK YOGYAKARTA(Studi Eksplanatif tentang Pengaruh Tingkat Perceived Quality dan Brand Loyalty terhadap Pembelian Ulang Produk di Ace Hardware Ambarukmo Yogyakarta).

GULTOM, CITRA MAULIATI (2015) PENGARUH TINGKAT PERCEIVED QUALITY DAN BRAND LOYALTY TERHADAP PEMBELIAN ULANG PRODUK YOGYAKARTA(Studi Eksplanatif tentang Pengaruh Tingkat Perceived Quality dan Brand Loyalty terhadap Pembelian Ulang Produk di Ace Hardware Ambarukmo Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat perceived quality dan brand loyalty terhadap pembelian ulang produk di Ace Hardware Ambarukmo Plaza Yogyakarta pada pelanggan yang sudah memiliki member­ card dalam transaksi pembelian produk. Penelitian ini menggunakan beberapa teori yang relevan yaitu komunikasi, brand, teori mengenai brand equity mencakup perceived quality, brand loyalty, perilaku konsumen, dan pembelian ulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pengambilan data menggunakan kuesioner, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatif (kuantitatit). Pengambilan sampel populasi dilakukan dengan metode quota sampling dengan rumus slovin. Jumlah yang dipilih adalah sebanyak 52 orang pelanggan Ace Hardware yang menggunakan member-card. Data primer dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan hasil dari kuesioner penelitian dengan menyebarkan angket kepada responden, sedangkan data sekundemya diperoleh melalui studi pustaka dan website. Metode pengukuran data dilakukan dengan menggunakan skala guttman dan semantic differential. Metode analisis data menggunakan distribusi frekuensi, tabulasi silang, dan regresi linier. Berdasarkan hasil uji pengaruh terbukti bahwa variabel perceived quality dan brand loyalty signifikan mempengaruhi pembelian ulang produk, sedangkan pada besarnya pengaruh variabel terikat terhadap variabel bebas didapat hasil bahwa brand loyalty memiliki nilai koefisien regresi (R) lebih besar dibandingkan dengan perceived quality yang berarti brand loyalty memiliki pengaruh yang lebih kuat dibandingkan dengan perceived quality terhadap pembelian ulang produk. Hasil koefisien determinasi (adjusted R2l menunjukkan pengaruh perceived quality dan brand loyalty secara bersama-sama terhadap pembelian ulang sebesar 59,2 % sedangkan sisanya 40,8 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar mode dari penelitian ini. Pada penelitian ini diketahui bahwa persepsi konsumen terhadap kualitas produk yaitu sangat rendah sehingga, sebaiknya Ace Hardware lebih meningkatkan kualitas produk karena persepsi konsumen tentang kualitas produk tersebut dapat mempengaruhi pembelian produk di Ace Hardware dan juga terkait penggunaan member-card sebagai bentuk loyalitas pelanggan sebaiknya Ace Hardware dapat meningkatkan keuntungan dari member-card sehingga pelanggan akan tetap setia terhadap produk di Ace Hardware.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perceived quality,brand loyalty,dan pembelian ulang
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Aug 2016 10:06
Last Modified: 22 Aug 2016 10:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10152

Actions (login required)

View Item View Item