PENELITIAN LIMBAH CAIR PERHOTELAN (STUDI KASUS HOTEL JAYAKARTA YOGYAKARTA)

Pramadewi, Ni Nyoman Indah (2004) PENELITIAN LIMBAH CAIR PERHOTELAN (STUDI KASUS HOTEL JAYAKARTA YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS09689.pdf

Download (280kB)
[img] Text (Bab I)
1TS09689.pdf

Download (116kB)
[img] Text (Bab II)
2TS09689.pdf

Download (117kB)
[img] Text (Bab III)
3TS09689.pdf

Download (287kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS09689.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (Bab V)
5TS09689.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (Bab VI)
6TS09689.pdf

Download (557kB)

Abstract

Peningkatan jumlah wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan internasional di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, akan memberi dampak pada penyediaan fasilitas-fasilitas pariwisata terutama fasilitas penginapan bagi para wisatawan, seperti: fasilitas perhotelan. Dengan adanya peningkatan fasilitas perhotelan, maka untuk mengoperasikan hotel tersebut dibutuhkan supply air bersih yang cukup banyak. Sehingga dari operasional hotel tersebut akan menghasilkan limbah padat maupun limbah cair perhotelan yang akan membawa dampak bagi lingkungan sekitar, selain adanya eksploitasi sumber air bersih yang berupa air tanah. Penelitian ini ditujukan untuk meminimumkan dampak lingkungan limbah cair yang dihasilkan dari akibat operasional hotel terutama limbah cair yang berasal dari kamar mandi dan dapur. Penelitian limbah cair ini, dilakukan pads hotel Jayakarta Yogyakarta yang pengambilan sampel dilakukan pada bak aerasi yang terdapat pada instalasi pengelolaan limbah cair yang terdapat pada hotel tersebut yang kemudian diberi penambahan nutrisi EM-4 dalam pelaksanaan penelitian limbah cair ini. Dari penelitian limbah cair ini, dihasilkan dosis pemakaian nutrisi EM-4 optimum sebesar 30 ml untuk 20 1 limbah cair dan waktu nutrisi bekerja optimum selama 6,5 jam dengan debit aliran sebesar 21,32 m3/hari. Sehingga limbah cair yang telah diolah dengan penambahan nutrisi EM-4 telah dapat memenuhi standart baku mutu limbah cair perhotelan yang dikeluarkan oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup, selain dapat dimanfaatkan kembali sebagai air gelontor dan air siraman hotel bagi operasional hotel tersebut. Guna memfungsikan kembali hasil olahan limbah cair, maka dilakukan perencanaan sistem pemipaan air gelontor yang terdiri atas bak tampungan air gelontor dengan ukuran 3 m x 3 m x 1,5 m, yang dilengkapi dengan saluran pclimpah dengan mempergunakan pips PVC berdiameter 1,5 inci dalam kecepatan rencana 0,20096 m/s. Kemudian limbah cair hasil olahan akan dialirkan ke bak penampungan air bersih yang telah disekat dan diberi klep otomatis melalui pipa besi dengan diameter sebesar 2,5 inci dan mempergunakan pompa otomatis dengan kekuatan daya sebesar 0,12794 hp (horse power).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Supply, eksploitasi, limbah cair, nutrisi, standart baku mutu lirnbah cair perhotelan, air gelontor, sistem pemipaan, inci, horse power (hp).
Subjects: Sipil > Hidro
Sipil > Hidro
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Sep 2016 08:49
Last Modified: 13 Sep 2016 08:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10305

Actions (login required)

View Item View Item