ANALISIS BRAND ASSOCIATION (Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Analisis Brand Association Grin Cafe Di Kalangan Anggota Yogyakarta United Indonesia)

Tehang, Paus Peterson (2011) ANALISIS BRAND ASSOCIATION (Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Analisis Brand Association Grin Cafe Di Kalangan Anggota Yogyakarta United Indonesia). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02914.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02914.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02914.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02914.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02914.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yogyakarta saat ini sedang berkembang banyak tempat nongkrong berupa cafe. Cafe-cafe tersebut hadir dengan tawaran konsep dan tampilan masingmasing yang sangat kreatif dan inovatif. Setiap cafe tersebut memiliki ciri khas dan variasi produk sendiri walaupun dilain sisi cafe-cafe tersebut tetap menawarkan menu, fasilitas dan target konsumen yang sama yaitu anak muda. Pertumbuhan merek yang sangat tinggi, dengan situasi persaingan yang ketat mendorong sebuah merek untuk memiliki strategi dan taktik yang tepat dalam menarik serta memenangkan hati konsumen. Menggunakan pemahaman akan segmentasi serta pengetahuan tentang audiens melalui perilaku dan karakteristik merek merupakan salah satu contoh dari pendekatan emosional. Salah satu café yang menggunakan pendekatan emosional dengan segmentasi adalah Grin café yang membidik para fans MU sebagai target konsumennya. Grin café bekerja sama dengan komunitas Yogyakarta United Indonesia dan menjadi homebase fans klub Manchester United FC di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi Brand Association menurut anggota Yogyakarta United Indonesia pada Grin café sebagai homebase fans MU. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Instrumen penelitian ini menggunakan 60 orang responden yang merupakan anggota atau member Yogyakarta United Indonesia. Berdasarkan hasil analisis deskriptif maka didapatkan hasil bahwa persepsi brand association Grin Cafe sebagai homebase Yogyakarta United Indonesia bagi para anggota YUI secara keseluruhan adalah baik yang ditunjukan dengan total jawaban responden sebesar 41%. Melalui hasil tersebut maka bisa diketahui bahwa ketiga dimensi yaitu atribut, manfaat dan attitude dari asosiasi merek Grin Cafe sebagai homebase fans Manchester United. FC memiliki persepsi yang baik bagi para anggota Yogyakarta United Indonesia. Nilai tertinggi dalam persepsi brand association Grin Cafe adalah lokasi karena dengan lokasi yang strategis dan mudah dijangkau konsumen maka akan memudahkan konsumen untuk kembali lagi ke Grin Café, sedangkan persepsi asosiasi merek yang cukup rendah pada penelitian ini adalah desain grin café yang mana menurut para anggota Yogyakarta United Indonesia kurang cukup menggambarkan diri Grin Café sebagai homebase fans Manchester United.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brand Association, segmentasi, deskriptif survey
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Apr 2013 11:48
Last Modified: 01 May 2013 09:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1036

Actions (login required)

View Item View Item