Amallo, Riyani Puspitasari (2012) HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN KOMUNIKASI DOWNWARD DAN TINGKAT KOMITMEN ORGANISASIONAL DENGAN KINERJA KARYAWAN PDAM WONOSOBO. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03081.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03081.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03081.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03081.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03081.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tingkat kepuasan komunikasi downward merupakan semua tingkat kepuasan seorang karyawan dalam mempersepsi lingkungan komunikasi dari atas ke bawah. Kepuasan tersebut merujuk kepada bagaimana sebuah informasi dari atasan ke bawahan yang tersedia memenuhi persyaratan permintaan karyawan. Sedangkan tingkat komitmen organisasional merupakan sikap dimana karyawan percaya dan menerima tujuan-tujuan organisasi, dan akan tetap tinggal atau tidak akan meninggalkan organisasi. Tingkat komitmen organisasional ini akan berdampak pada karyawan, dampak ersebut adalah perkembangan kinerja Salah satu hal yang ingin dicapai dari tingkat kepuasan komunikasi downward dan tingkat komitmen organisasional yang tinggi adalah peningkatan kinerja karyawan. Kinerja karyawan merupakan hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau sekelompok orang dalam suatu organisasi, sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing, dalam rangka upaya mencapai tujuan organisasi bersangkutan secara legal, tidak melanggar hukum dan sesuai dengan moral maupun etika. Kinerja karyawan sendiri dipengaruhi oleh beberapa variabel, salah satunya adalah variabel psikologis yang meliputi persepsi dan sikap. Kinerja karyawan juga dapat mengukur kinerjanya sendiri. Dalam penelitian ini, kinerja karyawan diukur dari enam kriteria primer yaitu: quality, quantity, timeliness, cost effectiveness, need for supervision, serta interpersonal impact. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan variabel-variabel di atas yaitu hubungan tingkat kepuasan komunikasi downward dan tingkat komitmen organisasional dengan kinerja karyawan di PDAM Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian survey bersifat eksplanatif. Responden dari penelitian adalah 77 karyawan PDAM Wonosobo. Jumlah tersebut adalah jumlah sampel yang digunakan untuk mewakili populasi karyawan sebanyak 318 orang. Dalam penelitian ini, secara khusus peneliti menggunakan proposional stratified sampling. Setelah kuesioner yang merupakan data primer dalam penelitian ini dibagikan kepada sampel, data kemudian diolah menggunakan SPSS versi 15. Hubungan kepuasan komunikasi downward dengan kinerja karyawan dan hubungan tingkat komitmen organisasional dengan kinerja karyawan dianalisis menggunakan teknik analisis korelasi Rank Spearman. Untuk hubungan ketiga variabel yaitu hubungan tingkat kepuasan komunikasi downward dan tingkat komitmen organisasional dengan kinerja karyawan digunakan teknik analisis regresi berganda. Setelah penelitian dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa tingkat kepuasan komunikasi downward, tingkat komitmen organisasional, dan kinerja karyawan PDAM Wonosobo relatif tinggi. Pada tingkat komitmen organisasional, walaupun nilainya relative tinggi tapi ada hal yang berkaitan dengan nilai dan tujuan organisasi yang mendapatkan poin rendah dari para responden. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa hubungan tingkat kepuasan komunikasi downward dengan kinerja karyawan dan hubungan tingkat komitmen organisasional dengan kinerja karyawan merupakan hubungan linier positif. Hal tersebut berarti jika tingkat kepuasan komunikasi downward tinggi maka kinerja karyawan pun akan semakin meningkat, dan jika tingkat komitmen organisasional karyawan PDAM Wonosobo tinggi maka kinerja karyawannya pun akan meningkat. Di sisi lain, kedua variabel tersebut juga secara bersama-sama mempunyai hubungan linier positif pula dengan kinerja karyawan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tingkat kepuasan komunikasi downward, tingkat komitmen organisasional, kinerja karyawan |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 29 Apr 2013 13:34 |
Last Modified: | 01 May 2013 09:44 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1047 |
Actions (login required)
View Item |