EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM DI KOTA KUPANG, NUSA TENGGARA TIMUR (Studi Kasus Jalur 1 dan 2)

MANU, FREDERIKA PUTRI (2016) EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM DI KOTA KUPANG, NUSA TENGGARA TIMUR (Studi Kasus Jalur 1 dan 2). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS14336.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab I)
1TS14336.pdf

Download (346kB)
[img] Text (Bab II)
2TS14336.pdf

Download (154kB)
[img] Text (Bab III)
3TS14336.pdf

Download (323kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS14336.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (Bab V)
5TS14336.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text (Bab VI)
6TS14336.pdf

Download (1MB)

Abstract

Duajalur yang banyak dilalui oleh angkutan umum di kota Kupang yaitu jalur 1 dan 2. Jalur tersebut merupakan daerah pertokoan dan banyak terdapat bangunan sekolah sehingga mengalami peningkatan volume lalu lintas dan membutuhkan jumlah angkutan yang sesuai dengan kebutuhan penumpang kawasan tersebut. Namun permasalahan yang terjadi yaitu banyaknya angkutan yang beroperasi menyebabkan waktu tunggu yang kurang dari 5 menit. Untuk itu perlu diteliti apakah angkutan yang tersedia saat ini jumlahnya tidak berlebihan. Pengumpulan data sekunder meliputi peta rute angkutan, rute dan jumlah armada dan jarak tempuh. Pengumpulan data primer berupa kinerja angkutan yang meliputi : jumlah penumpang naik turun, waktu tiba/keberangkatan angkutan. Pengumpulan data dilakukan selama 3 hari yaitu hari Sabtu, Minggu, Senin. Evaluasi kinerja menggunakan standar dari Direktur Jenderal Perhubungan Darat Tahun 2002 dan Peraturan Menteri Perhubungan R.I no.10 tahun 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : beberapa angkutan jalur 1 dan 2 melakukan penyimpangan rute pada pagi hari di hari aktif sekolah. Jumlah penumpang pada jam-jam sibuk rata-rata sebesar 25 untuk jalur 1 dan 23 penumpang untuk jalur 2 dengan Load Factor 47,662% dan 48,553 %, (di bawah standar Pemerintah yaitu 70%). Kecepatan rata-rata masing-masing jalur yaitu 20,781 km/jam dan 20,374 km/jam, kecepatan ini sudah sesuai standar Pemerintah yaitu 30km/jam. Headway untuk jalur 1 sebesar 6,093 menit dan jalur 2 yaitu 3,298 menit. Headway jalur 1 sudah sesuai standar pemerintah tetapi untuk jalur 2 belum memenuhi standar yaitu 5-10 menit. Jumlah armada jalur 1 memiliki kelebihan 6 armada dan jalur 2 sebesar 15 armada.Untuk meningkatkan kinerja pelayanan angkutan umum, armada yang jumlahnya berlebihan dialihkan ke jalur jumlah armadanya lebih sedikit, tidak memperpanjang ijin trayek untuk kendaraan yang tidak laik pakai, tidak memberikan ijin operasi baru sampai survei load factor mencapai 70% dan beroperasi sesuai waktu operasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, kinerja, angkutan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Oct 2016 11:45
Last Modified: 14 Oct 2016 11:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10515

Actions (login required)

View Item View Item