EVALUASI PENERANGAN LAMPU JALAN (STUDI KASUS JALAN JENDRAL AHMAD YANI KABUPATEN KAPUAS, KALIMANTAN TENGAH)

KANARUHAN, PUTERA BIMATARA ALMA (2016) EVALUASI PENERANGAN LAMPU JALAN (STUDI KASUS JALAN JENDRAL AHMAD YANI KABUPATEN KAPUAS, KALIMANTAN TENGAH). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS14414.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
1TS14414.pdf

Download (179kB)
[img] Text (Bab II)
2TS14414.pdf

Download (558kB)
[img] Text (Bab III)
3TS14414.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
4TS14414.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (Bab V)
5TS14414.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab VI)
6TS14414.pdf

Download (1MB)

Abstract

matan dan kelayakan bagi pengguna jalan. Penerangan jalan yang baik adalah penerangan yang memberikan cahaya yang cukup dan tidak terdapat titik redup ataupun tingkat kesilauan yang tinggi pada ruas – ruas jalan. Jalan Jendral Ahmad Yani Kabupaten Kapuas merupakan jalan utama kota yang seringkali digunakan baik siang hari ataupun pada malam hari, namun kondisi dari penerangan di jalan Jendral Ahmad Yani kurang memenuhi syarat kenyamanan pengguna jalan. Dibeberapa ruas jalan terdapat titik – titik redup yang dapat membahayakan pengguna jalan sehingga dapat menyebabkan kecelakaan lalulintas. Untuk itu perlu adanya dilakukan evaluasi pada penerangan jalan Jendral Ahmad Yani Kabupaten Kpauas. Dilakukan pengumpulan data dari Dinas PU Kabupaten Kapuas yang meliputi jenis lampu, lumen lampu dan tinggi pemasangan lampu. Selanjutnya dilakukan pengukuran langsung di lapangan yang meliputi lebar jalan, kelas jalan dan jarak spasi tiap lampu penerangan jalan. Jalan Jendral Ahmad Yani memiliki 20 tiang lampu dengan jarak spasi yang berbeda – beda, jenis lampu digunakan Ledxion S439 Series 60W LED Street Lantern, lumen lampu sebesar 6200lm, tinggi pemasangan tiang lampu 7m dan sistem pemasangan tiang lampu twin center. Evaluasi dilakukan menggunakan standar CIE (Classification System of the International Commission on Illumination) serta di bandingkan dengan Standar Nasional Indonesia 7391 (2008) Spesifikasi Penerangan Jalan di Kawasan Perkotaan mengenai kualitas pencahayaan dan penempatanya. Analisa perhitungan yang di gunakan adalah distribusi penerangan rata-rata (LAVR) dan nilai ambang batas silau (TI). Dari hasil evaluasi diketahui bahwa 13 lampu tidak memenuhi standar CIE 0,5 - 2 cd/m2 pada perhitungan distribusi penerangan rata – rata sehingga menyebabkan terdapat titik – titk redup pada ruas jalan. Sedangkan nilai ambang batas silau, semua lampu memenuhi syarat CIE 10% – 20%. Dilakukan perencanaan ulang agar memenuhi standar CIE dengan mengganti jenis lampu menjadi Ledxion S433 Series 90W LED Street Lantern. Jika di bandingkan dengan SNI perlu adanya penurunan tinggi lampu, pengubahan jenis lampu menjadi 35W SOX dan perubahan jarak spasi antar tiang yang menjadi 33m sehingga perlu adanya penambahan tiang sebanyak 9 buah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penerangan Jalan, Distribusu Penerangan Rata – rata, Nilai Ambang Batas Silau. Luminasi, Standar CIE, SNI 7391
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Oct 2016 07:43
Last Modified: 18 Oct 2016 07:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10521

Actions (login required)

View Item View Item