EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) SEBAGAI DASAR PENENTUAN PERBAIKAN JALAN (STUDI KASUS : JALAN SETURAN RAYA)

Talapessy, Rensya (2016) EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) SEBAGAI DASAR PENENTUAN PERBAIKAN JALAN (STUDI KASUS : JALAN SETURAN RAYA). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS14137.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
1TS14137.pdf

Download (136kB)
[img] Text (Bab II)
2TS14137.pdf

Download (291kB)
[img] Text (Bab III)
3TS14137.pdf

Download (756kB)
[img] Text (Bab IV)
4 TS14137.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (Bab V)
5TS14137.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text (Bab VI)
6TS14137.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jalan raya merupakan salah satu prasarana transportasi darat yang sangat penting dalam aspek kegiatan manusia sehingga kondisi jalan diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna prasarana jalan raya. Namun seiring meningkatnya jumlah penduduk di daerah Yogyakarta, maka kebutuhan sarana transportasi juga meningkat sehingga menyebabkan terjadinya penurunan kualitas jalan raya yang berdampak pada kerusakan jalan yang diakibatkan oleh jalan yang terbebani volume lalu lintas yang tinggi secara berulang-ulang. Penelitian ini dilakukan pada ruas Jalan Seturan Raya yang bertujuan untuk mengetahui kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis dan tingkat kerusakan jalan dengan metode Pavement Condition Index (PCI) untuk dijadikan acuan pengambilan keputusan dalam melakukan perbaikan kerusakan pada jalan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan cara menentukan sampel yang akan diteliti yaitu dengan panjang ruas jalan 700 m, kemudian dibagi menjadi 100 m per sampel unit/segmen sehingga diperoleh 7 sampel unit /segmen. Setelah itu dilakukan penelitian jenis dan tingkat kerusakan jalan per segmen unit dan di ukur luasan kerusakannya. Kemudian dialukan analisis data untuk mendapatkan nilai pavement condition index (PCI) dari data jenis, tingkatan dan luasan kerusakan yang diperoleh dari lokasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini, tingkat kerusakan perkerasan lentur yang tejadi pada Jalan Seturan Raya adalah terdapat 7 jenis kerusakan yaitu retak kulit buaya, retak memanjang/melintang, cacat tepi perkerasan, tambalan, lubang, alur, dan sungkur. Nilai pavement condition index (PCI) rerata keseluruhan sebesar 51 dengan kondisi sedang (fair) sehingga alternatif perbaikan yang sesuai dengan kondisi kerusakan adalah melakukan pemeliharaan per segmen unit dengan mengacu pada Metode Perbaikan Standar Direktorat Jenderal Bina Marga 1995.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan perkerasan, Pavement Condition Index, Penanganan Kerusakan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Oct 2016 10:15
Last Modified: 20 Oct 2016 10:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10535

Actions (login required)

View Item View Item