KOMUNIKASI ORGANISASI ANTAR BAGIAN (Studi Deskriptif Komunikasi Organisasi Antar Bagian Dalam Pelaksanaan Distribusi Penjualan Produk Salim Food Di PT. Putri Daya Usahatama Cirebon)

Tampubolon, Adhonnia Cholynees Parlindungan (2012) KOMUNIKASI ORGANISASI ANTAR BAGIAN (Studi Deskriptif Komunikasi Organisasi Antar Bagian Dalam Pelaksanaan Distribusi Penjualan Produk Salim Food Di PT. Putri Daya Usahatama Cirebon). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0SOS02366.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1SOS02366.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BabII)
2SOS02366.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[img] Text (Bab III)
3SOS02366.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4SOS02366.pdf

Download (799kB) | Preview

Abstract

Komunikasi dalam organisasi bertujuan untuk mengatur hubungan antar individu dan kelompok, kompleksnya kehidupan manusia, membuat peranan komunikasi tidak terelakan, untuk kepentingan berinteraksi, memecahkan masalah, atau untuk menjalin hubungan baik dengan sesamanya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana proses komunikasi organisasi antar bagian dalam pelaksanaan distribusi penjualan produk, 2) apa saja masalah dalam komunikasi organisasi antar bagian terkait dengan pelaksanaan distribusi penjualan produk dan langkah-langkah apa saja yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi partisipatif dalam bentuk internship. Konsep yang digunakan: 1) komunikasi organisasi dan prosesnya; 2) komunikasi organisasi berdasarkan arah aliran informasi, baik secara vertical dan horizontal; 3) komunikasi organisasi berdasarkan koordinasi kerja. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat masalah-masalah yang timbul pada proses komunikasi organisasi antar bagian terkait dengan pelaksanaan distribusi penjualan produk, dimana penjualan dan pergudangan terdapat hambatan-hambatan komunikasi yang muncul berkenan dengan penyampaian informasi dan kurangnya pemahaman instruksi, serta koordinasi yang secara struktur dioperasionalkan ke dalam tugas (task) dan fungsi (function) untuk dapat bekerja sama serta menciptakan kedekatan sikap dan emosional dalam tingkat pribadi dalam menjalankan fungsi unit-unit organisasi pada sistem dan prosedur yang ada. Berdasarkan temuan masalah di dapat sesuai dengan konsep yang digunakan ternyata di PT. Putri Daya Usahatama untuk menghubungkan antar orang dan bagian perlu adanya kerjasama karyawan dengan atasan, diperlukan komunikasi organisasi sebagai tindakan aktor menyampaikan informasi kepada orang lain. Terdapat masalah mengenai ketiadaan kepercayaan kerja, kurangnya perhatian mobilitas ke bawah, hal ini berdampak pada melemahnya hubungan anggota organisasi berdasarkan struktural dan arus informasi yang berorintasi pada pekerjaan. Rendahnya hubungan anggota organisasi membuat kurangnya rasa keterbukaan diantara anggota dalam menjalankan fungsinya. Lewat komunikasi rasa ingin tahu dapat tersalurkan, hal ini mampu mendorong semangat kerja, selain itu komunikasi juga membantu menyatukan anggota organsisasi untuk bekerja sama.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Organisasi, Komunikasi Vertikal, Komunikasi Horizontal, Distribusi, Penjualan, dan Koordinasi.
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Apr 2013 08:15
Last Modified: 01 May 2013 13:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1064

Actions (login required)

View Item View Item