LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN SEKOLAH EKSPERIMENTAL DI BANTUL, YOGYAKA RTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN SOCIAL INTERACTION UNTUK MEMBENTUK VILLAGE AS SCHOOL - SCHOOL AS VILLAGE

Wismahaksi, Titus Pandu (2016) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN SEKOLAH EKSPERIMENTAL DI BANTUL, YOGYAKA RTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN SOCIAL INTERACTION UNTUK MEMBENTUK VILLAGE AS SCHOOL - SCHOOL AS VILLAGE. .. pp. 1-11. ISSN .

[img] Text (Jurnal Teknik Arsitektur)
JURNAL.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ibarat laboratorium yang mewadahi peneliti bereksperimen, Sekolah Eksperimental memiliki tujuan utama menciptakan suasana belajar yang kondusif dalam menerapkan metode belajar “eksperimental”. Sekolah Eksperimental adalah lembaga pendidikan yang menerapkan proses non-tradisional dalam metode pengajaran, kurikulum, dan manajemen kelas. Sekolah Eksperimental yang dimaksud dalam penelitian ini adalah satu bentuk alternatif dari pendidikan dasar secara formal dengan jenjang Sekolah Menengah Pertama. Pendidikan eksperimental muncul sebagai reaksi atas anggapan kurang tepatnya penerapan kurikulum nasional. Pelajaran yang tidak kontekstual terhadap lingkungan tempat tinggal merangsang proses berpikir anak yang terfragmentasi. Penyeragaman sistem pendi-dikan modern ini akan mengarahkan masyarakat untuk mengalami krisis sosial, antara lain kehilangan identitas, kegoncangan nilai tradisional, dan keretakan pola hidup; kesemuanya itu membawa masyarakat ke dalam kebingungan dan ketidakpastian. Sehingga terasalah kebutuhan melacak akar berbagai unsur kebudayaan seperti etika, etiket, dan pandangan hidup yang merupakan faktor substansial penentu pola kelakuan. Oleh karena itu, Sekolah ini meng-angkat kebudayaan sebagai landasan pendidikan eksperimentalnya. Village as School – School as Village, merupakan implementasi pragmatis pendidikan berbasis kebudayaan. Metode peleburan sekolah ke dalam perdesaan tradisional ini harapannya mampu mengakomodasi proses transfer knowledge yang tidak hanya secara teoretis namun secara praktik gaya hidup yang konkret. Untuk mengoptimalkan proses transfer knowledge tersebut, perancangan Sekolah Eksperimental ini menggunakan pendekatan Social Interaction. Proses interaksi sosial antara peserta didik dengan masyarakat setempat dipicu dengan mengolah beberapa hal yang terkait dengan perancangan lingkungan buatan, yaitu functional distance, functional centrality, privacy control, dan architectural unity. Dengan memperhati-kan keempat aspek ini, diharapkan dapat menunjang proses internalisasi dan eksternalisasi – proses aliran sikap dan nilai yang masuk ke pribadi individu dan keluar daripadanya – pada diri peserta didik sehingga etika, etiket, dan pandangan hidup tradisional yang penuh ethos dapat mendarahdaging pada setiap pribadi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sekolah Eksperimental, Village as School – School as Village, Social Interaction
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Nov 2016 08:31
Last Modified: 10 Nov 2016 08:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10751

Actions (login required)

View Item View Item