APLIKASI MOLDFLOW ADVISER PADA INDUSTRI PLASTIK MODERN UNTUK MENDAPATKAN PARAMATER INJEKSI MOLD YANG OPTIMAL

PRATAMA, TITO AGUNG YOGA (2016) APLIKASI MOLDFLOW ADVISER PADA INDUSTRI PLASTIK MODERN UNTUK MENDAPATKAN PARAMATER INJEKSI MOLD YANG OPTIMAL. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TIA08111.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab I)
1TIA08111.pdf

Download (139kB)
[img] Text (Bab II)
2TIA08111.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab III)
3TIA08111.pdf

Download (330kB)
[img] Text (Bab IV)
4TIA08111.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab V)
5TIA08111.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Bab VI)
6TIA08111.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penggunaan material plastik telah banyak digunakan di industri manufaktur. Besarnya cacat produk hasil injeksi yang berkisar 10%-30% menjadi permasalahan serius untuk segera diatasi bagi industri mold terutama yang masih menggunakan pola konvensional saat proses desain dan manufaktur plastik. Meskipun industri ini sudah memanfaatkan teknologi CAD,CAM dan High Speed Machining (CNC), namun tetap saja cacat produk yang dihasilkan selalu tinggi. Hal ini juga dialami oleh salah satu perusahaan elektronika terbesar di Provinsi Jawa Tengah Indonesia dalam membuat mold headpiece kit R67. Permasalahan yang muncul pada industri ini adalah lamanya waktu saat trial di mold maker yang berkisar antara empat sampai lima kali trial shoot di mesin injeksi serta modifikasi mold yang diakibatkan karena adanya kesalahan dalam mendesain konstruksi mold. Headpiece kit R67 merupakan bagian dari pintu kulkas (refrigerator). Produk yang berbahan dasar ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) ini mengalami cacat dikarenakan konsep konvensional desain dan manufaktur injeksi molding serta belum standarnya proses setting parameter pada injeksi molding. Paradigma baru yang akan dikenalkan dalam paper ini adalah memanfaatkan aplikasi Computer Aided Engineering (CAE) untuk menanggulangi cacat produk sehingga dapat memperkecil produk dengan kualitas yang tidak baik di mesin injeksi. Mold Flow Adviser (MFA) digunakan untuk mendapatkan parameter injeksi yang tepat sehingga produk yang dihasilkan sesuai spesifikasi pelanggan. Hasil analisis MFA pada produk Headpiece kit R67 dalam tulisan ini berhasil mendapatkan acuan injeksi parameter yang tepat dengan spesifikasi : kesejajaran 1.5 mm melengkung ke dalam, solusi untuk mencegah warpage, tidak sinkmark, simulasi perbandingan pengurangan jumlah gate antara desain mold menggunakan tiga gate dengan dua gate. Hasil verifikasi analisis produk trial berbasis CAE di industri elektronika ini mampu mengurangi besarnya cacat produk sebesar 10%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Headpiece kit R67, Computer-Aided Engineering, Injection Molding, Moldflow Adviser, Warpage, Sinkmark
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > TI Pindahan ATMI
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Dec 2016 08:09
Last Modified: 01 Dec 2016 08:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10842

Actions (login required)

View Item View Item