HARYANTO, CHRISTIAN OKTAVIANUS (2016) RISET PASAR PRODUK MODERN PHOTO FRAME BERBAHAN FIBER. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0TIA08095.pdf Download (592kB) |
|
Text (Bab I)
1TIA08095.pdf Download (263kB) |
|
Text (Bab II)
2TIA08095.pdf Download (419kB) |
|
Text (Bab III)
3TIA08095.pdf Download (227kB) |
|
Text (Bab IV)
4TIA08095.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
|
Text (Bab V)
5TIA08095.pdf Restricted to Registered users only Download (902kB) |
|
Text (Bab VI)
6TIA08095.pdf Download (1MB) |
Abstract
IKM Rudy Aneka Pigura merupakan sebuah industri kecil yang memproduksi photo frame atau bingkai pigura. Inovasi dan desain yang dikembangkan pemilik usaha tersebut adalah modern photo frame berbahan fiber. IKM Rudy Aneka Pigura membutuhkan adanya riset pasar untuk mengetahui kondisi dan potensi pasar serta mendapatkan prioritas inovasi produk yang akan diminati pasar terhadap ide pengembangan produk di Kota Surakarta dan sekitarnya. Riset pasar diawali dengan identifikasi masalah, studi pustaka dan survey lapangan, dan brainstorming dengan pemilik usaha IKM Rudy Aneka Pigura. Setelah itu dilanjutkan dengan menetapkan target customer, menentukan hipotesis dan pertanyaan dasar, mencari data sekunder, menyusun pertanyaan, mencari data primer, memeriksa hipotesis dan membuat data persaingan. Metode analisis dilakukan dengan analisis tren, similiaritas, kontradiksi dan odd groupings terhadap data primer. Hasil riset menunjukkan 94% responden tertarik akan inovasi dan desain produk modern photo frame berbahan fiber. Hasil analisis tren bahwa jenis kelamin laki – laki lebih mengetahui akan produk yang ditawarkan. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang akan ditawarkan sudah ada di pasar khususnya di Kota Surakarta dan konsumen utama dari produk ini adalah laki – laki. Semakin tingi pengetahuan responden akan produk yang ditawarkan semakin tinggi juga pengetahuan mengenai harga yang paling cocok. Hal tersebut dikarenakan produk yang sudah ada di pasar merupakan produk dengan harga jual yang tinggi, maka tidak menutup kemungkinan penggunaan bahan fiber akan mengurangi harga jual yang tinggi tersebut. Reponden yang mengetahui produk yang ditawarkan kebanyakan biasa membeli photo frame di pengrajin atau produsen photo frame langsung. Hasil analisis similiaritas menunjukkan bahwa jenis kelamin laki – laki dan perempuan kebanyakan membeli photo frame di pengrajin atau produsen photo frame secara langsung. Semua golongan pekerjaan responden sama – sama memilih menampilkan foto / lukisan sebagai tujuan utama dari produk yang ditawarkan. Hasil analisis kontradiksi menunjukkan komunitas artistik pada media online dan komunitas secara langsung diperoleh hasil yang berbeda mengenai pengetahuan produk yang ditawarkan. Hasil analisis odd groupings bahwa komunitas artistik online kebanyakan belum mengetahui produk yang ditawarkan padahal mereka sering menjumpai produk ini secara online.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modern, photo frame, riset pasar, kuesioner |
Subjects: | Teknik Industri > Industri |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > TI Pindahan ATMI |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 10:33 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 10:33 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10848 |
Actions (login required)
View Item |