ANALISIS OPINI PUBLIK TERHADAP BRAND DI SITUS JEJARING SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER

Wikanargo, Matheus Alvian (2016) ANALISIS OPINI PUBLIK TERHADAP BRAND DI SITUS JEJARING SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TF06807.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Bab I)
1TF06807.pdf

Download (417kB)
[img] Text (Bab II)
2TF06807.pdf

Download (403kB)
[img] Text (Bab III)
3TF06807.pdf

Download (400kB)
[img] Text (Bab IV)
4TF06807.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text (Bab V)
5TF06807.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text (Bab VI)
6F06807.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam era jejaring sosial publik menjadi lebih mudah dan sering membagikan opini mereka secara terbuka. Secara khusus, publik jadi mendapatkan wadah untuk beropini mengenai brand tertentu di situs jejaring sosial. Menjadi penting bagi pemilik brand untuk mengamati dan menganalisa opini publik di situs jejaring sosial untuk memahami publik pikirkan dan inginkan terhadap brand. Pengamatan dan analisa akan dilakukan dengan menangkap data-data tweets dari situs jejaring sosial Twitter yang berkaitan dengan brand sasaran. Data-data tersebut akan diolah menggunakan metode data mining untuk mengklasifikasikan setiap tweets ke dalam kategori dan sentimen tertentu. Hasil yang didapatkan berupa data bersih yang sudah terklasifikasi dan sajian dalam visualisasi grafik. Dengan data dan grafik tersebut akan didapatkan informasi dan pengetahuan bagi pemilik brand, yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan strategis brand dalam membentuk citra positif

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: brand, opini publik, twitter, data mining
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Jan 2017 07:44
Last Modified: 04 Jan 2017 07:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10919

Actions (login required)

View Item View Item