Salim, Michael Christianto (2015) Pengembangan Aplikasi Pengenalan Bahasa dan Kebudayaan Dayak Dengan Multimedia Interaktif Berbasis Desktop dan Mobile. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0TF06894.pdf Download (744kB) |
|
Text (Bab I)
1TF06894.pdf Download (279kB) |
|
Text (Bab II)
2TF06894.pdf Download (273kB) |
|
Text (Bab III)
3TF06894.pdf Download (328kB) |
|
Text (Bab IV)
4TF06894.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
|
Text (Bab V)
5TF06894.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab VI)
6TF06894.pdf Download (307kB) |
Abstract
Indonesia merupakan Negara Heterogen, yaitu negara yang memiliki banyak sekali perbedaan, baik dari segi agama, ras, suku, dan bahasa. Khususnya di Pulau Kalimantan yang memiliki suku asli yang terkenal, yaitu Suku Dayak. Suku Dayak sendiri memiliki berbagai agama dan kepercayaan yang masih dipegang erat oleh masyarakat Dayak, bahkan untuk suku saja terbagi lagi menjadi ratusan bahkan ribuan suku. Diantaranya adalah Suku Dayak Manyan, Suku Dayak Ngaju, Suku Dayak Kualan Sekayok, Suku Dayak Ot Danum, dll. Untuk mempermudah anak-anak SD atau SMP dalam mempelajari dan melestarikan bahasa dan kebudayaan Dayak, maka mereka membutuhkan informasi mengenai bahasa dan kebudayaan Dayak yang ada di Pulau Kalimantan. Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan elemen-elemennya yaitu teks, gambar, suara, animasi, dan video sehingga pengguna dapat melakukan navigasi atau berinteraksi dan berkomunikasi. Salah satu penggunaan multimedia adalah untuk pengenalan bahasa daerah untuk memberikan suatu informasi tertentu. Informasi bahasa dan kebudayaan Dayak ini dituangkan dalam suatu bentuk aplikasi pengenalan bahasa dan kebudayaan Dayak berbasis multimedia interaktif. Aplikasi pengenalan bahasa dan kebudayaan Dayak berbasis multimedia interaktif ini melibatkan elemen-elemen multimedia, yaitu gambar, teks, suara, video, dan animasi. Penggabungan elemenelemen tersebut menggunakan beberapa tools, diantaranya adalah Adobe Flash Professional CC 2014, Adobe Photoshop, dan Movie Maker. Hasil yang diperoleh adalah aplikasi ini dapat membantu anak-anak SD atau SMP dan para pengguna lain yang menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui informasi mengenai bahasa dan kebudayaan Dayak. Juga dapat melestarikan bahasa dan kebudayaan Dayak yang semakin tergerus keadaannya dikarenakan perkembangan zaman dan semakin ditinggalkannya budaya tersebut. Hasil ini diperoleh dari hasil kuesioner yang dilakukan ke beberapa responden (khususnya reponden Suku Dayak).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Suku Dayak, Bahasa dan Kebudayaan, Multimedia Interaktif |
Subjects: | Teknik Informatika > Soft Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 10 Jan 2017 07:52 |
Last Modified: | 10 Jan 2017 07:52 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10939 |
Actions (login required)
View Item |