IBM BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PELANGGAN UMKM PRODUSEN ASESORIS DAN ALAT MUSIK YOGYAKARTA

Handarkho, Yonathan Dri and Julianto, Eddy IBM BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PELANGGAN UMKM PRODUSEN ASESORIS DAN ALAT MUSIK YOGYAKARTA. [Research]

[img] Text (Penelitian Tehnik Informatika)
TF83201.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi sebagai salah satu kunci faktor peningkatan keunggulan kompetitif tidak lagi di dominasi oleh usaha berskala besar saja. Unit usaha seperti UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) secara bertahap mulai mengadopsi teknologi informasi sebagai salah satu rencana strategis pengembangan usaha. ECommerce merupakan contoh teknologi yang tepat untuk diterapkan pada UMKM dikarenakan dapat menjadi wadah berjualan dan promosi secara online. Artinya melalui e-commerce, UMKM memperoleh keuntungan strategis dengan terintegrasinya proses bisnis dari sisi internal dan eksternal yang akan memberikan dampat positif seperti pertumbuhan pasar yang semakin luas dan meningkatnya relasi dengan konsumen Trooper Electronic dan Delicore Custom Shop adalah contoh dari UMKM di Yogykarta yang bergerak pada bidang jasa pembuatan asesoris dan alat musik gitar. Saat ini kedua usaha tersebut belum memanfaatkan teknologi informasi secara optimal dalam bisnisnya terutama dalam mengelola transaksi yang melibatkan pelanggan. Proses pencatatan yang dilakukan oleh kedua UMKM tersebut masih dilakukan secara manual dan mengakibatkan banyak detil pesanan yang tidak tercatat dengan baik. Akibatnya saat pesanan dari konsumen mulai menumpuk, kedua UMKM tersebut mengalami kesulitan dalam hal mengelola setiap detil pesanan yang masuk dan berakibat kepada jadwal pengerjaan yang menjadi bertambah panjang. Ketidak tersediaanya sarana teknologi informasi tersebut menyebabkan “Trooper Electronic” dan "Delicore Custom Shop" sulit untuk bisa menjangkau dan mempertahankan relasi dengan konsumennya yang artinya pelayanan terhadap konsumen menjadi tidak maksimal. Berkaca dari hal tersebut, maka dengan tersedianya sebuah sistem yang mampu mengintegrasikan proses bisnis dari sisi internal dan eksternal, akan memudahkan kedua mitra yaitu Trooper Electronic dan Delicore Guitar, untuk menjalin interaksi dengan pelanggannya dengan lebih masimal. Dengan di bangunnya sebuah e-commerce pada kedua mitra melalui program IbM ini, diharapkan selain memudahkan pelanggan untuk berinteraksi dengan kedua mitra, kedua UMKM ini juga mampu menjaga dan mempertahankan relasi dengan pelanggan sehingga kedepannya pasar dari kedua kedua mitra akan cepat bertumbuh dan semakin luas.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: UMKM, E-Commerce, Konsumen, Layanan
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Feb 2017 11:49
Last Modified: 08 Feb 2017 11:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11098

Actions (login required)

View Item View Item