DEFORMASI LINEAR PADA MODEL WAJAH 3D UNTUK ANIMASI WAJAH

PAMUNGKAS, JOANNES AGUNG SATRIYO (2017) DEFORMASI LINEAR PADA MODEL WAJAH 3D UNTUK ANIMASI WAJAH. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTF02361.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
1MTF02361.pdf

Download (138kB)
[img] Text (Bab II)
2MTF02361.pdf

Download (134kB)
[img] Text (Bab III)
3MTF02361.pdf

Download (394kB)
[img] Text (Bab IV)
4MTF02361.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text (Bab V)
5MTF02361.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB)
[img] Text (Bab VI)
6MTF02361.pdf

Download (2MB)

Abstract

Animasi wajah merupakan bagian penting di dunia virual 3D yang merupakan proses menggerakkan wajah karakter 3D menurut sendi gerak yang mengikuti acuan wajah manusia. Pentingnya ekspresi dalam dunia animasi merupakan wujud dari hidupnya sebuah karakter animasi. Menggunakan data 33 titik feature-point untuk menangkap gerakan wajah, akan dapat menempatkan lokasi titik fitur model 3D untuk mengikuti gerak fitur wajah manusia. Untuk mengatasi deformasi wajah sumber dengan wajah karakter, metode Linear Blend Skinning(LBS) dasar pelu digunakan sehingga proses deformasi wajah karakter untukdapat menampilkan ekpresi yang wajar atau natural. Menggunakan 3324 titik vertek data clustering sebagai data keanggotaan tiap centroid sebagai area terkena dampak deformasi. Serta menggunakan enam ekspresi dasar yaitu ekspresi senang, ekspresi marah, ekspresi sedih, ekspresi takut, ekspresi terkejut, dan ekspresi jijik sebagai data pengujian. Transformasi lineardeformasi menggunakan LBS memiliki kemampuan dalam menentukan besaran perubahan pada titik koordinat baru sesuai dengan perubahan ekspresi wajah manusia. Perubahan yang terjadi mampu divisualisasikan dalam bentuk vertek ataupun scatter-data maupun menggunakan mesh low-poligonal. Bahwa dengan menggunakan enam ekspresi dasar tersebut deformasi pada ekspresi wajah dapat divisualisasikan dengan ekspresi yang diuji.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: facial animation, linear blend skinning, liniear deformation, scatter-data, feature-point, mesh poligonal
Subjects: Magister Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Mar 2017 09:59
Last Modified: 07 Mar 2017 09:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11330

Actions (login required)

View Item View Item