Morgan, Raymond Agasi (2017) SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DENGAN PROGRAM ADIWIYATA DI KABUPATEN GUNUNG KIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
TA142680.pdf Download (875kB) |
|
Text (Bab I)
TA142681.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab II)
TA142682.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab III)
TA142683.pdf Download (756kB) |
|
Text (Bab IV)
TA142684.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab V)
TA142685.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (Bab VI)
TA142686.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan sudah menjadi suatu bentuk kebutuhan masyarakat, baik pendidikan formal, non-formal maupun informal. Pendidikan formal biasanya pendidikan seperti di sekolahan. Sekolah merupakan lembaga belajar dan mengajar manusia agar mendapatkan suatu wawasan atau berbagi wawasan agar nantinya dapat menciptakan manusia yang cerdas tangkas dan berguna bagi nusa dan bangsa. Saat ini persebaran fasilitas sekolah masih belum merata. Data Badan Pusat Statik menunjukkan jumlah sekolah di beberapa Kabupaten dan terlihat bahwa Kabupaten Gunung Kidul menduduki peringkat ke 2 terendah untuk jumlah Sekolah Menengah Atas di Kabupaten. Jumlah sekolah yang ada sangat tidak memungkinka n untuk penduduk yang berada di Gunung Kidul dapat bersekolah hingga Sekolah Menengah Atas sehingga dari beberapa di kecamatan yang ada di Gunung Kidul terdapat kecamatan yang sangat kurang untuk Sekolah Menengah Atas yaitu Kecamatan Wonosari. Adiwiyata sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan menuju kepada cita‐cita pembangunan berkelanjuta n. Adapun tujuan dari Adiwiyata yaitu menciptakan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Daerah Wonosari ini memiliki potensi berupa tanahnya yaitu tanah berupa lereng dan hamparan ini menjadi potensi tersendiri untuk pembuatan Sekolah Menengah Atas. Sekolah Menengah Atas di Gunung Kidul ini mampu mewadahi kegiatan pendidikan dengan pendekatan arsitektur hijau melalui sekolah Adiwiyata yang berinteraksi dengan lingkungan sekolah. Murid-murid tidak hanya diajarkan pendidikan formal melainkan juga bagaimana cara menjaga lingkungan hidup yang ada disekitar sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Sekolah Menengah Atas , Adiwiyata, Arsitektur Hijau |
Subjects: | Arsitektur > Lingkungan Kawasan Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 21 Mar 2017 11:35 |
Last Modified: | 21 Mar 2017 11:35 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11425 |
Actions (login required)
View Item |