Pembangunan Aplikasi Mobile Crowdsourcing untuk Pengumpulan Data

Pratama, Ignatius Kun Aldian (2017) Pembangunan Aplikasi Mobile Crowdsourcing untuk Pengumpulan Data. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TF07447.PDF

Download (6MB)
[img] Text (Bab I)
1TF07447.PDF

Download (457kB)
[img] Text (Bab II)
2TF07447.PDF

Download (452kB)
[img] Text (Bab III)
3TF07447.PDF

Download (662kB)
[img] Text (Bab IV)
4TF07447.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
5TF07447.PDF
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (Bab VI)
6TF07447.PDF

Download (335kB)

Abstract

Kegiatan crowdsourcing memiliki manfaat untuk meringankan beban pekerjaan yang ditanggung oleh lembaga atau perusahaan dikarenakan crowdsourcing mengajak banyak orang di luar perusahaan untuk terlibat dalam pengembangan produk atau memberikan masukan mengenai produk tersebut sehingga perusahaan atau lembaga bisa mendapatkan data dengan waktu yang singkat serta biaya operasional yang minim. Banyak orang ingin melakukan crowdsourcing untuk kebutuhan mereka, seperti penelitian terhadap suatu kasus atau metode, namun terhalang oleh sarana dan prasarana yang bisa membantu dalam melaksanakan crowdsourcing. Dari permasalahan tersebut maka dibuatlah suatu solusi dengan mengembangkan aplikasi crowdsoucing untuk pengumpulan data berbasis mobile. Aplikasi crowdsourcing ini membantu pengguna membuat suatu thread di smartphone mereka, dimana pengguna bisa mengisikan deskripsi mengenai hal apa yang akan di crowdsourcing, membuat list pertanyaan atau form untuk mendapatkan data dimana akan di sediakan pilihan widget yang ingin digunakan. Pengguna bisa melihat thread orang lain dan berpartisipasi dalam crowdsourcing yang dilakukan oleh pengguna tersebut serta memberikan tanggapan mengenai topik yang diangkat oleh pengguna lain tersebut. Aplikasi ini akan menerapkan gamification dimana saat pengguna berpartisipasi dalam suatu crowdsourcing, membuat suatu thread, atau memberikan tanggapan maka pengguna akan diberikan experience untuk menambah level dari akun pengguna.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: crowdsourcing, aplikasi mobile, gamification
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Jun 2017 07:46
Last Modified: 02 Jun 2017 07:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11796

Actions (login required)

View Item View Item