ANALISIS INOVASI NILAI STUDI KASUS PADA COKELAT NDALEM

Kurniastuti, Theresia Harista (2016) ANALISIS INOVASI NILAI STUDI KASUS PADA COKELAT NDALEM. .. pp. 1-15. ISSN .

[img] Text (Ringkasan EM19728)
Ringkasan EM19728.pdf

Download (1MB)

Abstract

Subsektor kuliner Indonesia mulai menyumbangkan pendapatan terbesar bagi industri kreatif di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut dapat dilihat bahwa persaingan dalam industri makanan dan minuman semakin meningkat dan kompetitif. Perusahaaanperusahaan pada industri tersebut kemudian saling berusaha untuk mengalahkan lawan mereka demi mendapatkan pangsa permintaan yang lebih besar. Atas dasar latar belakang tersebut maka peneliti ingin membahas bagaimana suatu perusahaan dapat mengambil langkah strategis untuk keluar dari persaingan bisnis yang semakin ketat dan kompetitif dengan menciptakan ruang pasar baru dengan menerapkan strategi samudra biru. Cokelat nDalem merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri tersebut dan sedang mengalami perkembangan yang semakin pesat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cokelat nDalem menciptakan inovasi nilai dan membuka ruang pasar yang baru tanpa pesaing dengan menjadikan kompetisi itu tidak relevan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus pada Cokelat nDalem dengan menerapkan kerangka kerja strategi samudra biru yakni dengan menggunakan strategi kanvas, rekonstruksi pasar dan visualisasi strategi. Hasil penelitian menunjukkan Cokelat nDalem melakukan inovasi nilai pada produk reguler dan produk premiumnya untuk keluar dari persaingan dan menjauh dari pasar demi menciptakaan ruang pasar baru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Industri Kuliner, Cokelat, Strategi Samudra Biru, Inovasi Nilai
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Jun 2017 09:26
Last Modified: 12 Jun 2017 09:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11846

Actions (login required)

View Item View Item