EVALUASI PROGRAM BRAND ACTIVATION (Studi Kasus Brand Activation Tabloid Nova melalui Event Mobil Nova di Malang, Jawa Timur untuk Meningkatkan Brand Image)

ASTIARINI, DEVI (2012) EVALUASI PROGRAM BRAND ACTIVATION (Studi Kasus Brand Activation Tabloid Nova melalui Event Mobil Nova di Malang, Jawa Timur untuk Meningkatkan Brand Image). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03219.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03219.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03219.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03219.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03219.pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

Beragamnya jenis produk yang ditawarkan membuat suatu produk harus mempunyai diferensiasi dengan produk kompetitornya. Perusahaan harus selalu berinovasi dengan strategi-strategi pemasaran yang tepat untuk dapat merebut hati pelanggannya. Suatu produk bisa sama jenisnya, namun yang membedakan adalah sebuah brand. Membangun sebuah brand bukanlah hal yang mudah. Ada berbagai cara dalam membangun citra merek yang positif, salah satunya adalah melalui brand activation. Dengan melakukan brand activation, konsumen akan merasakan pengalaman yang unik, positif dan mengesankan, sehingga membangun citra merek positif di mata konsumen. Penulis mengambil contoh kasus brand activation Mobil Nova di Malang, Jawa Timur, di mana pihak Tabloid Nova mengunjungi langsung komunitas yang mengundang Mobil Nova untuk datang berbagi pengalaman dan pengetahuan. Dalam penelitian ini, dikaji bagaimana evaluasi program brand activation Mobil Nova ini dilakukan dalam kaitannya dengan pembentukan citra merek (brand image) Tabloid Nova. Penulis menggunakan konsep tentang brand activation, konsep tentang evaluasi, dan konsep mengenai brand image. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan metode studi kasus single case. Metode pengambilan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan wawancara. Analisis yang dikaji peneliti adalah analisis mengenai evaluasi program brand activation Mobil Nova, dan analisis mengenai brand image Mobil Nova. Pada proses pengambilan data, penulis melakukan penelitian dengan mengikuti brand activation Mobil Nova di Malang, Jawa Timur pada saat persiapan, proses pelaksanaan, dan setelah Mobil Nova di Malang tersebut selesai. Dalam proses tersebut peneliti melakukan observasi dengan mencatat hal-hal yang berkaitan dengan topik skripsi. Setelah Mobil Nova di Malang tersebut selesai, penulis melakukan wawancara dengan beberapa pihak yang berwenang dalam memberikan data yang sesuai dengan topik skripsi. Hasil penelitiannya adalah brand activation Mobil Nova di Malang ini dikatakan berhasil, dilihat jumlah peserta yang hadir, Tabloid Nova yang terjual saat event berlangsung, dan kepuasan konsumen yang menyatakan puas terhadap acara Mobil Nova. Namun di samping keberhasilan tersebut masih ada beberapa kelemahan yang harus diperbaiki. Saran penulis yaitu pihak yang terlibat dalam evaluasi sebaiknya melibatkan pihak luar yang netral, adanya evaluasi dari peserta Mobil Nova, adanya ketentuan yang dibebankan kepada pengundang jika peserta tidak mencapai 150 orang, content acara dibuat lebih variatif, persiapan dilakukan secara lebih matang, dan promosi lebih dikembangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Brand Activation, Event, Brand Image
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 May 2013 10:29
Last Modified: 01 May 2013 10:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1188

Actions (login required)

View Item View Item