OPTIMALISASI PERFORMA AKUSTIK RUANG PADA RUANG IBADAH UTAMA DI GEREJA KATHOLIK PAROKI SANTO THOMAS KELAPA DUA DEPOK JAWA BARAT

SETIAWAN, DONI MALWITA (2017) OPTIMALISASI PERFORMA AKUSTIK RUANG PADA RUANG IBADAH UTAMA DI GEREJA KATHOLIK PAROKI SANTO THOMAS KELAPA DUA DEPOK JAWA BARAT. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
MTA016460.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
MTA016461.pdf

Download (212kB)
[img] Text (Bab II)
MTA016462.pdf

Download (725kB)
[img] Text (Bab III)
MTA016463.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
MTA016464.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
MTA016465.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)

Abstract

Ruang ibadah berkapasitas besar dan dengan penghawaan alami termasuk dalam jenis auditorium yang dibangun di wilayah tropis. Fungsi ruang ibadah lebih mengutamakan sebagai fungsi pidato, walaupun masih mengakomodasi fungsi lain seperti musik. Ruang untuk fungsi pidato menuntut waktu dengung yang pendek, untuk mengatasi penurunan kejelasan dalam pengucapan (speech intelligibility).Permasalahan penelitian adalah bagaimana memaksimalkan kualit as akustik ruang ibadah utama gereja yang prioritas fungsi akustiknya adalah pidato. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan pengukuran waktu dengung objek studi langsung di lapangan dan menggunakan analisis simulasi software komputer. Analisis ruang akustik yang paling umum digunakanadalah dengan pengukuran waktu dengung (reverberation time) atau biasa disingkat RT60. Kajian dilakukan secara menyeluruh denganperangkat lunak (software) komputer yang biasa digunakan untuk menganalisa performa bangunan. Softwareyang digunakanadalah ECOTECT dan CATT, yang merupakan software simulasi yang terintegrasi dan memiliki kemampuan perhitungan analisis waktu dengung, perhitungan selain berdasarkan kalkulasi statistical reverberation, juga berdasarkan acoustic particles atau ray tracing yang mempertimbangkan faktor geometri ruang akustik. Hasil simulasi memberikan rekomendasi perbaikan ruang ibadah pada gereja dengan hasil perhitungan waktu dengung secara statistical maupun secara acoustic particles yangvalid. Dua cara menyediakan data yang komparatif terhadap hasil pengukuran lapangan. Model-model tiga dimensi yang dibangun dengan mempertimbangkan posisi dan luas bidang serap, serta jumlah pengguna ruang, menghasilkan informasi yang valid untuk memperbaiki performa bangunan ruang ibadah fungsi pidato sebagai kajian khusus, dan memperbaiki efektifitas dalam perencanaan bidang akustik sebagai kajian umum. Hasil penelitian diharapkan tercapai desain perbaikan kualitas akustik ruang yang memiliki nilai optimal untuk fungsi pidato pada ruang ibadah utama Gereja Paroki Santo Thomas di Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: ruang ibadah, akustika ruang, desain perbaikan
Subjects: Magister Teknik Arsitektur > Digital Arsitektur
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Jul 2017 07:36
Last Modified: 03 Jul 2017 07:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11914

Actions (login required)

View Item View Item