PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS INFORMASI LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TORAJA UTARA

Toban, Angelin Christin (2017) PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS INFORMASI LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TORAJA UTARA. .. pp. 1-14. ISSN .

[img] Text
Jurnal Ilmiah EA19958.pdf

Download (360kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mereplikasi penelitian terdahulu yang telah dilakukan oleh Lubis (2014) dan melihat konsistensi hasil apakah pengaruh variabel independen akan sama ketika penelitian dilakukan pada objek yang berbeda. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kualitas informasi laporan keuangan, sedangkan variabel independennya adalah kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, dan sistem pengendalian intern. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Respondennya adalah pegawai pemerintah yang bekerja pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Toraja Utara yang terlibat dalam bidang yang berhubungan dengan pelaporan keuangan berjumlah 47 responden. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Data kuesioner diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan pengujian hipotesis menggunakan regresi berganda. Kesimpulan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti adalah konsisten dengan penelitian yang dilakukan oleh Lubis (2014) yaitu kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, dan sistem pengendalian intern, berpengaruh positif terhadap kualitas informasi laporan keuangan pemerintah daerah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Sistem Pengendalian Intern, Kualitas Informasi Laporan Keuangan, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Kabupaten Toraja Utara.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Aug 2017 08:58
Last Modified: 01 Aug 2017 08:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11999

Actions (login required)

View Item View Item