Setiawan, Retno Agus (2017) ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA TERHADAP SITUS JEJARING SOSIAL SEBAGAI SALURAN PENGADUAN KELUHAN. S2 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0MTF02484.pdf Download (872kB) |
|
Text (Bab I)
1MTF02484.pdf Download (154kB) |
|
Text (Bab II)
2MTF02484.pdf Download (189kB) |
|
Text (Bab III)
3MTF02484.pdf Download (312kB) |
|
Text (Bab IV)
4MTF02484.pdf Download (385kB) |
|
Text (Bab V)
5MTF02484.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
|
Text (Bab VI)
6MTF02484.pdf Download (664kB) |
Abstract
Popularitas situs jejaring sosial terus berkembang dengan cepat. Banyak perusahaan menggunakan situs jejaring sosial sebagai bagian dari strategi bisnis perusahaan. Situs jejaring sosial menawarkan banyak keuntungan, khususnya untuk meningkatkan komunikasi. Situs jejaring sosial memiliki potensi sebagai saluran pengaduan baru bagi pelanggan generasi muda untuk menyampaikan keluhan mereka ke perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji penerimaan pengguna terhadap teknologi situs jejaring sosial sebagai saluran pengaduan baru berdasarkan technology acceptance model (TAM). Kuesioner didistribusikan kepada partisipan generasi muda melalui dua cara, paper questionnaire dan electronic questionnaire, menghasilkan total 222 kuesioner valid. Selanjutnya, penelitian ini melakukan uji validitas dan reliabilitas untuk melihat kekuatan model pengukuran. Kemudian melakukan uji structural equation modeling (SEM) untuk menguji hubungan antar konstruk yang diusulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan (perceived usefulness) dan kemudahan (perceived ease of use) memiliki pengaruh positif terhadap sikap pengguna (attitude). Selain itu, sikap pengguna memiliki peranan penting dalam memprediksi niat pengguna (intention to use) untuk menggunakan situs jejaring sosial sebagai saluran pengaduan keluhan. Namun, hasil penelitian menunjukan perceived usefulnesss tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap intention to use.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | technology acceptance model, situs jejaring sosial, saluran pengaduan keluhan |
Subjects: | Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 08 Aug 2017 08:39 |
Last Modified: | 08 Aug 2017 08:39 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12010 |
Actions (login required)
View Item |