PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK PADA NIAT BELI ULANG UJI E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI

Lestari, Veronika Trivia PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK PADA NIAT BELI ULANG UJI E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI. .. pp. 1-15. ISSN .

[img] Text (EM20117 Jurnal)
RINGKASAN EM20117.pdf

Download (664kB)

Abstract

Pentingnya kualitas layanan elektronik berpengaruh pada kepuasan konsumen. Apabila konsumen puas maka cenderung memiliki niat melakukan pembelian ulang pada suatu produk atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis e-satisfaction sebagai variabel pemediasi antara kualitas layanan elektronik dan niat beli ulang tiket pesawat secara online. Kualitas layanan elektronik terdiri atas lima variabel yaitu kemudahan penggunaan, desain situs web, jaminan keamanan, personalisasi, dan responsif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang membeli tiket pesawat secara online. Sampel dalam penelitian ini adalah responden minimal berusia 20 tahun yang pernah melakukan pembelian tiket pesawat penerbangan domestik secara online dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan membagikan kuesioner pada 263 responden. Penelitian ini menggunakan alat analisis deskriptif statistik dan analisis regresi berjenjang dengan bantuan program SPSS versi 15.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-satisfaction terbukti memediasi antara kemudahan penggunaan, desain situs web, responsif, dan personalisasi terhadap niat beli ulang secara partial mediation sedangkan e-satisfaction terbukti memediasi antara jaminan keamanan dan niat beli ulang secara complete mediation.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan Elektronik, E-satisfaction, Niat Beli Ulang
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Aug 2017 08:36
Last Modified: 09 Aug 2017 08:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12025

Actions (login required)

View Item View Item