HUBUNGAN DAYA TARIK IKLAN TELEVISI DENGAN MINAT BELI PRODUK

HARIATI, YANNY (2012) HUBUNGAN DAYA TARIK IKLAN TELEVISI DENGAN MINAT BELI PRODUK. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03528.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03528.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03528.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03528.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03528.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Persaingan yang ketat terjadi pada operator telekomunikasi seluler di Indonesia. Fenomena perang tarif murah dan memberikan layanan terbaik oleh operator seluler semakin gencar dilandasi oleh pengguna telepon seluler di Indonesia mengalami peningkatan tiap tahunnya. Sebagian perusahaan lebih memilih untuk beriklan di media televisi sebagai alternatif periklanan yang dianggap menarik dan efektif. Telkomsel merupakan salah satu perusahaan seluler yang cukup sering menampilkan produk-produk selulernya dilayar kaca. Hal ini terlihat pada besarnya biaya iklan yang dikeluarkan Telkomsel yang mencapai 1,4 triliun rupiah. Akan tetapi, biaya yang dikeluarkan terbilang banyak karena Telkomsel memiliki tiga produk. Salah satunya Kartu AS yang pangsa pasara anak muda menjadi produk andalan Telkomsel, beberapa iklannya diluncurkan. Iklan yang terkenal dengan kalimat „aku nggak punya pulsa‟, menjadi salah satu iklan andalan dari produk kartu AS Telkomsel. Sutisna (2001:278) mengungkapkan dalam penampilan pesan yang mampu membujuk, membangkitkan dan mempertahankan ingatan konsumen akan produk yang ditawarkan, memerlukan daya tarik bagi audiens sasaran, daya tarik sangat penting karena akan meningkatkan keberhasilan komunikasi dengan audiens. Daya tarik dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu rational appeals dan emotional appeals. Seperti halnya yang terjadi pada Kartu AS yang berusaha mempromosikan produknya dengan menarik konsumen melalui iklan yang melibatkan rational appeals dan emotional appeals audiens dalam iklan, sebagai salah satu usaha untuk melakukan peningkatan penjualan terhadap produknya, diharap menggugah minat beli produk pada konsumen. Untuk melihat hubungan daya tarik iklan dengan minat beli produk maka diukur berdasarkan indikator rational appeals dan emotional appeals, serta kelompok referensi sebagai variabel kontrolnya. Variabel kontrol digunakan untuk melihat adanya faktor-faktor lain yang mempengaruhi daya tarik iklan dengan minat beli produk, dimana kelompok referensi merupakan kelompok yang dapat memberikan pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap sikap dan perilaku seseorang (Kotler, 1994:234). Pengukuran ini menggunakan metode kuantitatif, dengan kuisioner sebagai alat ukurnya. Variabel daya tarik iklan di telivisi dan minat beli produk dikorelasikan dengan perolehan korelasi sebesar 0,275 masuk dalam kategori lemah, dapat disimpulkan bahwa nilai korelasi antara variabel daya tarik iklan televisi dengan minat beli produk termasuk kategori lemah. Signifikansi yang ditunjukkan pada tabel tersebut sebesar 0,011 dengan demikian terdapat hubungan signifikansi antara variabel X dan variabel Y. Nilai korelasi antara hubungan daya tarik iklan televisi dan minat beli produk dengan kelompok referensi sebagai variabel kontrol 0,201 yang menandakan hubungan sangat lemah. Kesimpulannya ketika minat beli dengan daya tarik dikontrol variabel kelompok referensi maka nilai korelasi daya tarik iklan televisi dan minat beli produk tidak signifikan, tetapi jika tidak di kontrol dengan variabel kelompok referensi hubungan antar variabel kedua variabel signifikan. Variabel kelompok referensi berdasarkan perhitungan ternyata memiliki korelasi yang lebih besar terhadap minat beli dibandingkan daya tarik dengan minat beli.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: rational appeals, emotional appeals, minat beli produk
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 May 2013 11:31
Last Modified: 01 May 2013 11:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1208

Actions (login required)

View Item View Item