Analisis Pengelolaan Kekayaan Berdasarkan Tiga Pilar Wealth Management Pada Lembaga Keuskupan Agung Palembang

Surawan, Stefanus (2017) Analisis Pengelolaan Kekayaan Berdasarkan Tiga Pilar Wealth Management Pada Lembaga Keuskupan Agung Palembang. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
MM022640.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
MM022641.pdf

Download (433kB)
[img] Text (Bab II)
MM022642.pdf

Download (599kB)
[img] Text (Bab III)
MM022643.pdf

Download (340kB)
[img] Text (Bab IV)
MM022644.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img] Text (Bab V)
MM022645.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)

Abstract

Pengelolaan kekayaan yang efektif dan efisien merupakan kebutuhan setiap orang atau lembaga. Penelitian ini merupakan studi kasus dalam manajemen kekayaan berdasarkan tiga pilar wealth management. Isu utama yang dibahas dalam penelitian ini adalah strategi untuk melakukan proteksi kekayaan, peningkatan kekayaan, dan perencanaan program pensiun. Penelitian dilaksanakan pada lembaga Keuskupan Agung Palembang. Keuskupan Agung Palembang merupakan sebuah lembaga keagamaan yang tidak terlepas dari tuntutan pengelolaan kekayaan secara profesional. Melalui penelitian ini penulis mencoba membuat analisis terhadap proses pengelolaan kekayaan yang telah terjadi selama ini pada klien. Tujuannya terhubung dengan usaha klien untuk kemandirian finansial. Oleh karena itu klien perlu mengetahui bagaimana mengelola aset yang ada, memilih instrumen investasi yang tepat, strategi berasuransi dan proses distribusi kekayaannya yang sesuai dengan profil risikonya. Penelitian memperlihatkan bahwa klien memiliki preferensi toleransi risiko moderat. Berdasarkan profil risiko klien, penulis menyusun skenario pengelolaan aset dengan perspektif tiga pilar wealth management. Pada pilar pertama, proteksi kekayaan dilakukan dengan BPJS kesehatan. Skenario yang diusulkan pada pilar kedua memberikan manfaat pertumbuhan aset sebesar 0,85%. Pada pilar ketiga klien perlu mempertimbangkan program perencanaan pensiun lain, selain yang sudah dilaksanakan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan dana pensiun yang diperlukan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: wealth management, profil risiko, Keuskupan Agung Palembang, proteksi kekayaan, pertumbuhan kekayaan, program pensiun.
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Keuangan
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Aug 2017 11:28
Last Modified: 18 Aug 2017 11:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12092

Actions (login required)

View Item View Item