EVALUASI KERUSAKAN RUAS JALAN KALIURANG KM. 9,3 – JALAN RAYA BAKUNGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI)

Reis, Alexandrio De Pell Dos (2017) EVALUASI KERUSAKAN RUAS JALAN KALIURANG KM. 9,3 – JALAN RAYA BAKUNGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
TS147920.pdf

Download (636kB)
[img] Text (BAB I)
TS147921.pdf

Download (245kB)
[img] Text (BAB II)
TS147922.pdf

Download (379kB)
[img] Text (BAB III)
TS147923.pdf

Download (944kB)
[img] Text (BAB IV)
TS147924.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[img] Text (BAB V)
TS147925.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text (BAB VI)
TS147926.pdf

Download (840kB)

Abstract

Jalan raya merupakan salah satu prasarana yang berperan penting dalam arus lalu lintas. Pergerakan manusia atau barang di darat selalu menggunakan sistem transportasi, sehingga peranan jalan menjadi sangat penting dala memfasilitasi pergerakan yang terjadi. Kondisi jalan yang baik akan mempermudah mobilitas penduduk dalam kegiatan ekonomi dan kegiatan sosial lainnya. Perkembangan volume lalu lintas jalan khususnya di Kabupaten Sleman terus meningkat dengan pesat. Peningkatan tersebut menyebabkan jalan menjadi terbebani oleh volume lalu lintas yang semakin meningkat dan terjadi berulangulang yang akan menyebabkan penurunan kualitas jalan. Penelitian ini dilakukan pada ruas Jalan Kaliurang Km. 9,3 hingga Jalan Raya Bakungan, Sleman, Yogyakarta yang bertujuan untuk mengetahui kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis dan tingkat kerusakan yang terjadi dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI). Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengambilan keputusan untuk melakukan perbaikan kerusakan yang terjadi pada ruas jalan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan langkah awal menentukan sampel yang akan diteliti yaitu ruas jalan sepanjang 1200 m, kemudian sampel dibagi menjadi 12 segmen yang masing-masing memiliki panjang 100 m. Selanjutnya dilakukan 0penelitian jenis dan tingkat kerusakan jalan per segmen dan diukur luasan kerusakannya. Kemudian analisa data dilakukan untuk memperoleh nilai pavement condition index (PCI) dari lokasi penelitian. Data lain yang diperoleh baik data primer maupun data sekunder dapat digunakan untuk menentukan metode perbaikan yang dapat diaplikasikan pada kerusakan ruas jalan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, jenis kerusakan yang terjadi pada ruas Jalan Kaliurang Km. 9,3 hingga Jalan Raya Bakungan sebanyak 9 kerusakan yaitu retak kulit buaya, cacat tepi perkerasan, alur, retak memanjang, tambalan, lubang, keriting, pelepasan butir, dan penurunan bahu jalan. Nilai pavement condition index (PCI) rata-rata dari 12 segmen penelitian sebesar 42,4 dengan kondisi sedang (fair). Penanganan kerusakan yang tepat untuk ruas jalan tersebut yaitu dengan melakukan overlay sebagai tindakan rehabilitasi, overlay setebal 7 cm untuk masa layanan 2017 hingga tahun 2022.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index, Penanganan Kerusakan.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Oct 2017 11:46
Last Modified: 24 Oct 2017 11:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12665

Actions (login required)

View Item View Item