FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSI PERILAKU DALAM PENGGUNAAN E-FILING OLEH WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PEGAWAI NEGERI SIPIL DINAS PENDIDIKAN KOTA SIBOLGA

Rajagukguk, Geo Fanny Marlina (2017) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSI PERILAKU DALAM PENGGUNAAN E-FILING OLEH WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PEGAWAI NEGERI SIPIL DINAS PENDIDIKAN KOTA SIBOLGA. .. pp. 1-15. ISSN .

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mereplikasi penelitian terdahulu yang telah dilakukan oleh Muzdalifa (2016) dan melihat konsistensi hasil, apakah pengaruh antar variabel akan sama ketika penelitian dilakukan pada objek yang berbeda. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah intensi perilaku dalam penggunaan e-filing, sedangkan variabel independennya adalah persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi kerumitan, persepsi keamanan dan kerahasiaan, dan persepsi kesiapan teknologi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Respondennya adalah Wajib Pajak Orang Pribadi Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di Dinas Pendidikan Kota Sibolga yang telah menggunakan fasilitas e-filing sebanyak 60 responden. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Data kuesioner diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan menguji hipotesis dengan menggunakan uji pengaruh parsial, uji nilai F dan regresi dengan program SPSS versi 15.0. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi keamanan dan kerahasiaan tidak berpengaruh terhadap intensi perilaku wajib pajak dalam menggunakan e-filing. Persepsi kerumitan berpengaruh negatif terhadap intensi perilaku wajib dalam menggunakan e-filing. Persepsi kesiapan teknologi berpengaruh positif terhadap intensi perilaku wajib pajak dalam menggunakan e-filing.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Intensi Perilaku, E-Filing, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kerumitan, Persepsi Keamanan dan Kerahasiaan, dan Persepsi Kesiapan Teknologi, Pegawai Negeri Sipil, Dinas Pendidikan Kota Sibolga.
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Nov 2017 09:07
Last Modified: 02 Nov 2017 09:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12707

Actions (login required)

View Item View Item