ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPERCAYAAN DIRI KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK FASHION

Oktovina, Desy (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPERCAYAAN DIRI KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK FASHION. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0EM16443.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1EM16443.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2EM16443.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3EM16443.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (Bab IV)
4EM16443.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5EM16443.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pengambilan keputusan pembelian pada produk-produk fashion, O’Cass (2003) menyatakan bahwa pengambilan keputusan pembelian yang dilakukan konsumen pada dasarnya dibutuhkan suatu bentuk kepercayaan diri (confidence). Konteks kepercayaan diri pada penelitian ini adalah konsumen memiliki tingkat keyakinan atau kepercayaan diri yang tinggi bahwa ia telah melakukan hal yang benar dengan pembelian produk-produk fashion (merek atau model) yang dibelinya tersebut. Kepercayaan diri (confidence) memberikan suatu bentuk kemantapan pada diri konsumen bahwa pembelian yang dilakukannya bukanlan merupakan suatu hal yang salah. Kepercayaan diri konsumen menurut O’Cass (2003) dipengaruhi oleh materialism, jenis kelamin dan usia terhadap keterlibatan konsumen dalam pembelian produk-produk fashion serta pengetahuan subyektif konsumen. Penelitian ini berujuan untuk menguji faktor-faktor apa saja mempengaruhi kepercayaan konsumen pada pembelian produk fashion. Hasil penelitian membuktikan bahwa materialism, jenis kelamin dan usia secara simultan memiliki pengaruh sebesar 56,2%. Secara parsial, materialism memiliki pengaruh yang positif dan signifikan sedangkan jenis kelamin dan usia secara parsial memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap keterlibatan konsumen dalam pembelian produk-produk fashion. Hasil lain dari penelitian ini membuktikanbahwa tingkat keterlibatan konsumen dalam pembelian produk fashion memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan subyektif konsumen pada produk fashion dan kepercayaan diri konsumen dalam pembelian produk fashion. Penelitianini juga memberikanbukti bahwa pengetahuan subyektif konsumen pada produkproduk fashion memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan diri konsumen dalam pembelian produk fashion.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: materialism, keterlibatan konsumen, pengetahuan subyektif, kepercayaan diri
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 May 2013 10:10
Last Modified: 08 May 2013 10:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1308

Actions (login required)

View Item View Item