ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN MEDIA TELEVISI MIE SEDAAP VERSI "Aku Ga Punya Papa" TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EPIC

Wibowo, Chandra (2011) ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN MEDIA TELEVISI MIE SEDAAP VERSI "Aku Ga Punya Papa" TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EPIC. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EM15966.pdf

Download (402kB)
[img] Text (Bab I)
1EM15966.pdf

Download (227kB)
[img] Text (Bab II)
2EM15966.pdf

Download (453kB)
[img] Text (Bab III)
3EM15966.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (Bab IV)
4EM15966.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (Bab V)
5EM15966.pdf

Download (666kB)

Abstract

Dewasa ini semakin banyak perusahaan yang mempromosikan produknya dengan menggunakan iklan sebagai medianya, karena iklan merupakan salah satu instrumen yang dapat mempengaruhi konsumen dalam membantu menentukan pembelian suatu produk. Hal ini disebabkan karena didalam iklan terdapat banyak informasi yang diperlukan konsumen, akan tetapi tidak semua iklan mampu menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian. Dalam kesehariannya ada berbagai macam saluran pesan yang dapat digunakan, antara lain melalui media pers, radio, televisi, dan lain - lain. Salah satu media yang paling diminati oleh perusahaan dalam mempromosikan, mengiklankan produknya yaitu melalui media audio visual atau melalui media televisi. Walaupun biaya yang dikeluarkan relatif besar, media televisi dianggap memiliki keunggulan yaitu bersifat audio, visual, emotion dan kemampuan yang kuat untuk mempengaruhi khalayak. Oleh karena itu penulis ingin meneliti tentang efektivitas iklan melalui media televisi. Pada kesempatan ini penulis memfokuskan pada salah satu merek dagang yang terkenal yang diiklankan di televisi yaitu Mie Sedaap. Untuk memperoleh data, penulis melakukan penelitian dengan menyebarkan kuesioner yang diberikan kepada para konsumen dengan jumlah 100 responden. Setelah data diperoleh, penulis mengolah data tersebut dengan menggunakan alat analisis validitas dan reliabilitas, prosentase, Analisis EPIC. Dari hasil kuesioner diperoleh jumlah konsumen terbanyak adalah laki - laki dengan jumlah prosentase 52%, usia konsumen terbanyak berusia 20 sampai 25 tahun sebanyak 56%. Berdasarkan pekerjaan yang paling banyak adalah sebagai Mahasiswa atau pelajar sebesar 94%, sedangkan berdasarkan pendidikan terakhir yang paling tinggi prosentasenya adalah SLTA sebesar 93% dan berdasarkan pengeluaran uang saku per bulan kurang dari Rp 500.000,- sebesar 48%. Melalui analisis EPIC dengan menggunakan sampel dapat diketahui tahap Emphaty sebesar 2,575, tahap Persuasion sebesar 2,645, tahap Impact sebesar 2,77, tahap Communication sebesar 2,6375. Dari analisis ini dapat ditarik kesimpulan bahwa iklan Mie Sedaap versi Aku Ga Punya Papa dalam tahap Emphaty tidak efektif, sedangkan dalam tahap Persuasion, Impact dan Communication cukup efektif

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Komersial efektivitas, Emphaty, Persuasion, Impact, dan Communication.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Dec 2017 08:37
Last Modified: 05 Dec 2017 08:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13128

Actions (login required)

View Item View Item