PERSEPSI AUDIENCE TERHADAP TINGKATAN MEREK (Studi Netnography Pada Anggota Grup Harley-Davidson di Situs Jejaring Sosial Facebook Periode November 2010 - Januari 2011)

Listianingtyas, Brigita Arvani (2011) PERSEPSI AUDIENCE TERHADAP TINGKATAN MEREK (Studi Netnography Pada Anggota Grup Harley-Davidson di Situs Jejaring Sosial Facebook Periode November 2010 - Januari 2011). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02812.pdf

Download (376kB)
[img] Text (Bab I)
1KOM02812.pdf

Download (800kB)
[img] Text (Bab II)
2KOM02812.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02812.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02812.pdf

Download (567kB)

Abstract

Kemajuan teknologi komunikasi memasuki generasi baru sehingga kini komunikasi pemasaran dapat dilakukan secara online. Media online membuat setiap orang mampu berinteraksi dan berkomunitas melalui situs jejaring sosial, salah satunya Facebook. Oleh karena itu, perusahaan Harley-Davidson Motor Company turut membuat memanfaatkan Facebook sebagai wadah berinteraksi serta agar lebih dekat dengan audiensnya. grup Harley-Davidson merupakan account Facebook Harley-Davidson Motor Company yang penulis teliti. Dengan menggunakan metode ethnography maka proses komunikasi yang terjadi akan diamati secara lebih mendalam dengan mempelajari dan menggali komentar/pengalaman dari anggota grup tentang merek Harley-Davidson. Anggota grup dapat aktif memberikan interpretasinya mengenai merek Harley-Davidson (HD) pada grup melalui komentar pada wall. Ketika anggota grup HD aktif dalam memberikan interpretasinya maka persepsi dari konsumen akan muncul sesuai karakteristik dari anggota grup, yaitu karateristik anggota grup yang memiliki HD, anggota yang sering berinterkasi dengan HD, dan anggota grup yang tidak memiliki HD. Persepsi yang muncul akan dipengaruhi oleh faktor :fungsional (pengalaman) dan faktor struktural (stimuli fisik). Maka, dari karakteristik anggota grup tersebut akan memiliki persepsi berdasarkan tingkatan merek, yaitu atribut, manfaat, nilai, budaya, kepribadian, dan pemakai. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui persepsi audiens terhadap merek HD pada situsjejaring sosial Facebook. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode netnography yakni observasi melalui komentar pada grup HD dari Bulan November 2010 - Januari 2011 pada empat narasumber. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu, observasi melalui komentar narasumber dan yang kedua wawancara secara online. Setelah melakukan analisis terhadap data primer tersebut, maka diperoleh hasil; karakteristik audiens akan mempengaruhi persepsi audiens terhadap merek namun, hal tersebut tidak secara langsung karena terdapat faktor fungsional yang turut mempengaruhi persepsi audiens terhadap merek HD. Adapun saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini : (1) memperhatikan keaslian dari produk yang dibuat dan tetap menjaga kualitas dan penanganan yang baik agar konsumen tetap percaya pada produk tersebut, (2) Peneliti berharap bahwa peneliti-peneliti selanjutnya dapat menemukan dan meneliti faktor lain yang belum dimasukkan kedalam penelitian yang mempengaruhi persepsi terhadap merek misalnya, gerakan, intensitas stimuli, kebaruan, perulangan yang merupakan faktor ekstemal penarik perhatian yang mempengaruhi persepsi terhadap merek.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: grup Harley-Davidson, Karateristik narasumber, persepsi, tingkatan merek, netnography
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Dec 2017 09:15
Last Modified: 05 Dec 2017 09:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13132

Actions (login required)

View Item View Item