PROSES KOMUNIKASI PEMASARAN TOGTA TYDAL/NI MEMBAI{GUN IIUBUNGAN DENGAN KLIEN (Studi Deskriptif Mengenai Proses Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Hubungan dengan Pengguna Produk di Stasiun Televisi Jogia TV)

CIIRISTABEL, FAITITA NATALIE (2017) PROSES KOMUNIKASI PEMASARAN TOGTA TYDAL/NI MEMBAI{GUN IIUBUNGAN DENGAN KLIEN (Studi Deskriptif Mengenai Proses Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Hubungan dengan Pengguna Produk di Stasiun Televisi Jogia TV). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (PR 659.2 Fan 17)
KOM05106.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Kegiatan komunikasi pemasaran khususnya promosi yang ada disetiap perusahaan memiliki banyak perbedaan didalamnya, salah satunya televisi. Industri televisi di Indonesia setelah masa reformasi berkembang sangat pesat. Setelah disahkannya UU Penyiaran No. 32 Tahun 2002 tentang pembatasan kepemilikan saham dan kewajiban melakukan siaran secara jaringan mendorong munculnya stasiunstasiun televisi baru di Indonesia. Stasiun televisi Jogja TV merupakan televisi lokal yang pertama berdiri di Yogyakarta. Stasiun televisi Jogja TV diresmikan pada 17 September 2004 oleh Sri Sultan HB X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi pemasaran yang terjadi di stasiun televisi Jogja TV dalam membangun hubungan dengan para klien pengguna produknya. Model komunikasi yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah Model Komunikasi Pemasaran dan teori utama yang digunakan pada penelitian ini adalah proses pengambilan keputusan oleh klien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara dan observasi untuk mendapatkan data yang mendukung penelitian. Narasumber dari penelitian ini adalah dua orang karyawan promosi stasiun televisi Jogja TV dan sepuluh klien stasiun televisi Jogja TV dari kelima kategori dengan dua orang klien dari tiap kategorinya. Peneliti menggunakan model komunikasi Laswell untuk melihat proses komunikasi yang terjadi, konsep komunikasi pemasaran dan proses pengambilan keputusan untuk melihat pengaruh komunikasi pemasaran dengan pembelian konsumen. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah proses komunikasi pemasaran yang dilakukan di stasiun televisi Jogja TV, selalu diawali dengan sumber atau pengirim pesan yang menyampaikan mengenai produk-produk yang dimiliki oleh stasiun televisi Jogja TV, disampaikan melalui media advertising, personal selling, public relations, dan sales promotion yang dijadikan sebagai transmisi untuk menunjukkan produk yang dimiliki oleh stasiun televisi Jogja TV. Penerima pesan dalam proses komunikasi pemasaran disini yaitu klien dari setiap kategori yang meliputi kategori dinas, rumah sakit, universitas, pengobatan alternatif, dan umum. Selain itu, hasil yang juga didapatkan dari penelitian ini adalah bagaimana klien mengetahui mengenai produk yang dimiliki oleh stasiun televisi Jogja TV dan proses penginterpretasi yang diberikan. Selain menjadi penerima pesan, klien juga menjadi pengambil keputusan, dan terdapat proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh klien.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses komunikasi pemasaran, hubungan klien, pengguna produk, Jogja TV
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Dec 2017 09:46
Last Modified: 15 Dec 2017 09:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13216

Actions (login required)

View Item View Item