PENGARUH KELOMPOK REFERENSI ATAS PEMBELIAN MOBIL DAN PEMILIHAN MERKNYA

Sudarsono, Josaphat (1991) PENGARUH KELOMPOK REFERENSI ATAS PEMBELIAN MOBIL DAN PEMILIHAN MERKNYA. Phd thesis, UAJY.

[img] Text (PENGARUH KELOMPOK REFERENSI ATAS PEMBELIAN MOBIL DAN PEMILIHAN MERKNYA)
JOSAPHAT SUDARSONO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tepat­ tidaknya kelompok referensi didayagunakan dalam rangka mempromosikan mobil, juga untuk mengetahui kelompok referensi berikut macam-macam pengaruhnya yang secara efektif berpengaruh atas keputusan pembelian mobil, pemilihan merk, maupun keduanya, serta untuk mengetahui pula media komunikasi yang efektif yang mempertemukan pengambil keputusan dengan kelompok referensinya. Selain itu, penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui ada­ tidaknya faktor tertentu yang dijadikan pertimbangan utama oleh pengambil keputusan dalam penentuan karakteristik mobil yang dipilih. Subyek penelitian ini terdiri dari 3 kelompok yaitu pemilik sedan, jeep, dan station-wagon/minibus di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kelompok pemilik sedan, jeep, dan station-wagon/minibus masing-masing terdiri dari 72; 26 dan 102 responderi. Penggunaan mobil hanya diperuntukkan bagi kepentingan pribadi atau keluarga. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibedakan ke dalam 2 bentuk. Pertama, kuesioner mengenai pengaruh kelompok referensi atas keputusan Pembelian mobil, dan kedua, pengaruh kelom­pok referensi atas keputusan pemilihan merk mobil. Tiga puluh enam pemilik sedan, 13 pemilik jeep, dan 51 pemilik station-wagon/minibus mengisi kuesioner pertama, dan lainnya mengisi kuesioner kedua. Data dianalisis dengan menggunakan Chi-kuadrat , Uji-binomjal, Korelasi tata­ jenjang, dan Anova klasifikasi tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendayagunaan kelompok referensi dalam rangka mempromosikan mobil adalah tepat sebab keputusan pembelian mobil, pemilihan merk mobil, maupun keduanya rentan terhadap pengaruh kelompok referensi. Pengaruh informatif dari teman/sahabat dalam pergaulan sosial/kemasyarakatan dan pengaruh normatif anggota keluarga tetap berpengaruh kuat dalam pengambilan keputusan itu sekalipun tingkat penghasilan pengambil keputusan berbeda-beda. Tingkat penghasilan konsumen mobil (users) dapat dijadikan dasar pemilihan pasar sasar­an sebab konsumen menggunakan tingkat penghasilan sebagai pertimbangan utama dalam penentuan karakteristik mobil yang dipilih

Item Type: Thesis (Phd)
Uncontrolled Keywords: Referensi, pembelian mobil, merk mobil
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Dec 2017 10:29
Last Modified: 19 Dec 2017 10:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13269

Actions (login required)

View Item View Item