Penyosokan Ahok dan Rizieq Shihab di Media Asing (Analisis Framing Penyosokan Ahok dan Habib Rizieq Shihab Terkait Pemberitaan Dugaan Penistaan Agama oleh Ahok di BBC Indonesia periode 6 Oktober- 2 Desember 2016)

GERENE, KRISTINA OKTAVIAWATI (2017) Penyosokan Ahok dan Rizieq Shihab di Media Asing (Analisis Framing Penyosokan Ahok dan Habib Rizieq Shihab Terkait Pemberitaan Dugaan Penistaan Agama oleh Ahok di BBC Indonesia periode 6 Oktober- 2 Desember 2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (JUR 070.4 Kri 17)
KOM04457.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Menurut pandangan konstruksionis, berita merupakan produk kerja jurnalistik yang dalam proses pembuatannya melibatkan berbagai faktor kepentingan, ideologi, pandangan, sikap, dan nilai-nilai yang berpengaruh aktif pada jurnalis juga organisasi media dalammengonstruksi realitas. Melalui analisis framing, proses pembingkaian berita dari hasil konstruksi realitas yang kemudian dapat mewujudkan sebuah penyosokan oleh media dapat dibongkar. Penelitian ini berfokus pada bagaimana BBC Indonesia melakukan penyosokan terhadap terkait kasus dugaan penistaan agama oleh Ahok periode 6 Oktober- 2 Desember 2016. Kasus Ahok yang pemberitaanya menyita perhatian masyarakat luas sehingga menjelma menjadi isu yang menarik bagi media Indonesia maupun Asing. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki untuk meneliti analisis level teks, dan pemikiran Reese and Shoemaker pada analisis level konteks. Hasil penelitian yang menggabungkan analisis teks dan konteks mengungkap bahwa dalam Penyosokan Rizieq dan Ahok di BBC Indonesia dipengaruhi faktor Individu dan Rutinitas media, dimana hasil wawancara dengan Affan menunjukkan Rizieq sebagai aktor dibalik sentimen terhadap agama, yang ditampilkan dalam artikel keempat dan kelima Rizieq sebagai sosok pimpinan ormas yang memiliki sikap yang berkuasa yang mampu mendesak atau mengontrol pemerintah dengan menggunakan agama untuk menangkap Ahok dengan melakukan berbagai aksi demo. Sedangkan Affan menilai Ahok adalah korban dari sentimen anti agama, yang ditampilkan dalam artikel satu sampai tiga Ahok adalah pemimpin DKI Jakarta Ahok yang dituduh menghina agama memiliki sikap yang ceplas ceplos dan arogan namun disisi lain Ahok adalah pemimpin yang tegas, jujur, taat hukum, memiliki pengelaman dan bersih dari korupsi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ahok, Penistaan Agama, Penyosokan, Pan Kosicki
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Dec 2017 11:27
Last Modified: 19 Dec 2017 11:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13279

Actions (login required)

View Item View Item