PENGARUH SUARA MAYORITAS DAN MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN INDIVIDU MEMILIH PEMIMPIN INDEPENDEN MELALUI PLATFORM ONLINE (Studi Kuantitatif Pengaruh Suara Mayoritas dan Media terhadap Keputusan Individu Memilih Kepala Daerah Bontang Neni Moerniaeni dan Basri Rase melalui Klik Bontang di Bontang Selatan)

Wahyuni, Tri Eka (2017) PENGARUH SUARA MAYORITAS DAN MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN INDIVIDU MEMILIH PEMIMPIN INDEPENDEN MELALUI PLATFORM ONLINE (Studi Kuantitatif Pengaruh Suara Mayoritas dan Media terhadap Keputusan Individu Memilih Kepala Daerah Bontang Neni Moerniaeni dan Basri Rase melalui Klik Bontang di Bontang Selatan). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (JUR 070.4 Tri 17)
KOM04611.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Kemajuan teknologi menyebabkan perkembangan media hingga ke ranah digital. Media lokal seperti Klik Bontang menjadi media pertama di Bontang yang telah memiliki portal online bahkan hingga ke media sosial facebook. Majunya pasangan calon pemimpin Neni Moerniaeni dan Basri Rase melalui jalur independen turut menjadi perhatian masyarakat dan media lokal. Merujuk pada teori spiral of silence maka peneliti tertarik mencari pengaruh suara mayoritas dan media terhadap pengambilan keputusan individu mengenai pemilihan calon pemimpin yang mencalonkan diri melalu jalur independen atau perseorangan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan responden sebanyak 397 orang. Pemilihan responden menggunakan teknik sampling gugus bertahap dan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis dilakukan dengan SPSS 20. Teknik analisis yang digunakan peneliti adalah regresi linear berganda. Hasil penelitan memperlihatkan bahwa variabel yang diteliti (suara mayoritas dan media) memberikan pengaruh terhadap keputusan individu sebesar 53%. Sementara 47% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Pernyataan pada kategori platform online memiliki jawaban setuju lebih dari 50%. Hal ini berarti Klik Bontang baik melalui website atau pun facebook mampu memberikan informasi yang diinginkan responden seputar Neni dan Basri. Kemudian, Hampir 70% responden menyatakan bahwa ia memperbincangkan mengenai Neni dan Basri dan lebih dari 50% responden menyatakan bahwa ia setuju memiliki kesulitan berbicara jika orang-orang di sekitar mereka memiliki pendapat yang berbeda. Sementara itu, lebih dari 10% menyatakan sangat setuju

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemimpin independen, media digital, platform online, spiral of silence
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Dec 2017 12:41
Last Modified: 19 Dec 2017 12:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13283

Actions (login required)

View Item View Item