USULAN TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI BARU SP ALUMUNIUM YOGYAKARTA AKIBAT RELOKASI

BUTAR – BUTAR, MABEL (2017) USULAN TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI BARU SP ALUMUNIUM YOGYAKARTA AKIBAT RELOKASI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (TI06647)
TI06647.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SP Alumunium Yogyakarta yang berlokasi di jalan Tanjung, kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta. Perusahaan ini bergerak di bidang manufaktur yang memproduksi peralatan rumah tangga seperti wajan, soblok, citel, panci dan souvenir aluminium. Saat ini perusahaan memiliki dua gedung pabrik yang diberi nama gedung utara dan gedung selatan yang memiliki keterkaitan, dengan penerapan sistem produksi yaitu make to order. Rencana penggabungan keseluruhan lantai produksi yang ada di gedung utara ke gedung selatan yang akan dilakukan oleh perusahaan. Selain itu, Seiring perkembangan perusahaan maka terjadi pula penambahan mesin dan peralatan pada area – area kerja yang ada di gedung selatan yang mengakibatkan ketidaksesuaian pembagian area kerja karena kurangnya perencanaan sebelumnya. Sehingga, perusahaan menjadi tidak optimal, efektif dan efisien dalam menjalankan proses produksinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan tata letak yang baru guna melakukan penggabungan keseluruhan lantai produksi yang ada digedung utara ke gedung selatan dan menaggulangi permasalahan – permasalahan tata letak yang ada di gedung selatan sebelum dilakukan penggabungan. Tahap awal adalah menentukan kebutuhan luas tiap area stasiun kerja yang ada. Selanjutnya adalah menggunakan metode Activity Relationship Diagraming untuk mendapatkan usulan tata letak yang terbaik. Setiap usulan tata letak alternatif akan dibandingkan dengan menggunakan Point Scoring yang yang tertinggi. Berdasarkan dari proses perancangan dan diskusi dengan pihak perusahaan, hasil yang didapatkan dengan menyarankan menggunakan usulan tata letak alternatif ketiga karena memiliki Point Scoring tertinggi dibandingkan dengan usulan tata letak alternatif lainnya yaitu sebesar 313.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Alumunium Pabrik, Tata Letak, Penggabungan Pabrik, Activity Relationship Diagraming, Point Scoring
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Dec 2017 13:08
Last Modified: 20 Dec 2017 13:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13296

Actions (login required)

View Item View Item