Peran Iklan Televisi dalam Pembentukan Persepsi Audiens (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Peran Iklan Televisi ‘‘Exclusive Matte LipCream” dalam Pembentukan Persepsi Mahasiswa ASMI Santa Maria terhadap Produk Exclusive Matte Lipcream )

Iriani, Imelda Triningsih Intan (2017) Peran Iklan Televisi dalam Pembentukan Persepsi Audiens (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Peran Iklan Televisi ‘‘Exclusive Matte LipCream” dalam Pembentukan Persepsi Mahasiswa ASMI Santa Maria terhadap Produk Exclusive Matte Lipcream ). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ADV 659.1 IMe 17)
KOM04593.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu pesat memungkinkan suatu produk bisa diproduksi secara massal, cepat dan berkualitas sehingga produk yang diproduksi akan saling bersaing untuk mendapatkan konsumen dengan melakukan pemasaran. Pemasaran sendiri mempermudah seseorang memperoleh apa yang dibutuhkan melalui adanya pertukaran nilai produk yang diinginkan Pemasaran sendiri dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan adanya kegiatan promosi yaitu dengan cara beriklan. Penelitian ini mengkhususkan mengenai peran iklan televisi “Exclusive Matte Lipcream” dalam pembentukan persepsi mahasiswa ASMI Santa Maria terhadap produk “Exclusive Matte Lipcream”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran iklan televisi “Exclusive Matte Lipcream” ini dalam pembentukan persepsi mahasiswa ASMI Santa Maria terhadap produk “Exclusive Matte Lipcream”.Teori yang digunakan adalah teori pendekatan respon kognitif, yang menjelaskan mengenai proses kognitif terhadap pesan iklan dan merek yang dikomunikasikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode wawancara mendalam atau in depth interview. Metode ini dilakukan secara tatap muka yang bertujuan untuk menggali lebih dalam lagi bagaimana peran iklan televisi dalam pembentukan persepsi mahasiswa ASMI Santa Maria. Subyek yang digunakan peneliti adalah lima orang mahasiswa ASMI Santa Maria. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran iklan televisi “exclusive matte lipcream” yaitu pemberi informasi, pembujuk, pencipta kesan dan pemuas keinginan menjadi salah satu faktor pembentuk persepsi dengan adanya komponen-komponen taktif kreatif yang digunakan. Peneliti menyarankan kepada perusahaan bahwa perlu adanya talent yang memiliki kulit gelap atau sawo matang dalam menyampaikan informasi yang menjadi acuan dalam memilih warna lipstik yang sesuai dengan warna kulit sawo matang atau gelap. Peneliti juga menyarankan untuk durasi dalam pergantian tiap scene mengenai informasi akan kelebihan dari produk dibuat lebih lambat agar informasi sampai kepada audiens.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran Iklan Televisi, Mahasiswa ASMI Santa Maria, Persepsi
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Jan 2018 08:41
Last Modified: 02 Jan 2018 08:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13306

Actions (login required)

View Item View Item