ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN DAN PENJUALAN TERKOMPUTERISASI PADA TOKO MANDIRI

Andrianie, Yovita Diana (2017) ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN DAN PENJUALAN TERKOMPUTERISASI PADA TOKO MANDIRI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Yovita Diana Andrianie)
EA18897.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain sistem informasi akuntansi pembelian dan penjualan pada Toko Mandiri. Toko Mandiri adalah sebuah toko yang menjual berbagai peralatan rumah tangga yang transaksi pembelian dan penjualannya dapat dilakukan secara tunai maupun kredit. Penggunaan sistem informasi akuntasi pembelian dan penjualan yang selama ini diterapkan oleh Toko Mandiri masih memiliki banyak kekurangan yang menyebabkan berbagai permasalahan, dan sistem yang selama ini diterapkan tidak mampu untuk mengakomodasi perkembangan usaha. Pemilik ingin menjawab atau mengatasi permasalahan yang ada selam ini. Untuk mengatasi permasalahan yang ada, Toko Mandiri memerlukan perubahan prosedur, penambahan dokumen, dan pembuatan laporan. Desain sistem informasi yang dirancang terlebih dahulu dilakukan analisa sistem pembelian dan penjualan pada toko, kemudian berdasarkan hasil analisa dilakukan perancangan desain sistem. Sistem informasi akuntansi berbasis komputer yang dirancangkan meliputi: siklus pendapatan, siklus pengeluaran, dan sistem persediaan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dan observasi. Metode yang digunakan untuk melakukan perancangan desain sistem ini adalah metode alternative, yakni metode paket (membeli paket sistem pada perusahaan penjual sistem). Berdasarkan studi kelayakan ekonomis yang telah memperhitungkan analisis biaya-manfaat, maka diperoleh NPV sebesar Rp64.032.151,- serta payback period dari perancangan desain sistem yang baru adalah selama 2 tahun 7bulan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa perancangan desain sistem informasi akuntansi pembelian dan penjualan terkomputerisasi tersebut layak untuk diterima oleh Toko Mandiri karena dapat menghasilkan keuntungan bagi Toko Mandiri.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Sistem, Sistem Informasi Akuntansi, Siklus Pendapatan, Siklus Pengeluaran, Sistem Persediaan.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Jan 2018 08:03
Last Modified: 08 Jan 2018 08:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13380

Actions (login required)

View Item View Item