OPTIMASI TOOLPATH STRATEGY DENGAN TEKNOLOGI COMPUTER AIDED MANUFACTURING PADA MESIN CNC UNTUK PRODUK CETAKAN KERAMIK DINDING DI PT. NUANZA PORCELAIN INDONESIA

SULEMAN, ANNE (2017) OPTIMASI TOOLPATH STRATEGY DENGAN TEKNOLOGI COMPUTER AIDED MANUFACTURING PADA MESIN CNC UNTUK PRODUK CETAKAN KERAMIK DINDING DI PT. NUANZA PORCELAIN INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
TI069880.pdf

Download (261kB)
[img] Text (BAB I)
TI069881.pdf

Download (255kB)
[img] Text (BAB II)
TI069882.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
TI069883.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB IV)
TI069884.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
TI069885.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text (BAB VI)
TI069886.pdf

Download (213kB)

Abstract

Desain dan teknik pembuatan seperangkat ceramic tableware tetap tidak berubah selama beberapa dekade dan masih sangat bergantung pada teknik kerajinan sehingga kualitas model relief sangat tergantung pada keterampilan dan pengalaman para modeller. PT Nuansa Porselen Indonesia sedang merencanakan untuk membuat keramik dinding yang mempunyai ciri khas yaitu berornamen islamic. Teknologi CAD/CAM digunakan untuk mendapatkan cutting parameters condition yang optimal yang waktu proses machining yang tercepat dan kualitas dari kontur relief yang detail pada produk cetakan keramik dinding. Orthogonal Array L2735 akan digunakan dalam penelitian ini guna mendapatkan setting parameter yang optimal pada proses pengerjaan core & cavity pada mesin CNC. Dari hasil brainstorming diketahui bahwa faktor yang diduga signifikan mempengaruhi hasil simulasi pemesinan adalah Toolpath Strategy, kecepatan putar spindle (RPM), Feeding, Step over, dan Cutting tools. Kelima faktor ini dengan menggunakan metode taguchi akan didesain layout eksperimen yang optimum. Pembuatan desain orthogonal array menggunakan software Minitab 17, didapatkan L2735 yang berarti ada 27 kali percobaan untuk setiap produk core & cavity keramik dinding dengan menggunakan lima faktor yang diatur delam tiga level. Untuk menentukan toolpath strategy yang paling optimal dari 27 percobaan, dapat dilihat dari hasil gambar means dan SN ratios dan dibandingkan dengan tabel full ortogonal arraynya. Toolpath strategy yang paling banyak mendekati nilai means yang dipilih karena dianggap memberikan hasil yang paling optimum. Berdasarkan hasil simulasi, dapat dilihat bahwa semua gambar hasil simulasi powerMill 2016 benar-benar mirip dengan 3D CAD model core dan cavity. Bila ini dirunning secara real time maka dapat disimpulkan hasil yang diperoleh sesuai dengan yang diinginkan pihak PT Nuanza Porcelain Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CNC milling, ceramic wall, tool path strategy, taguchi methods, Orthogonal Array L2735
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Jan 2018 11:04
Last Modified: 08 Jan 2018 11:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13393

Actions (login required)

View Item View Item