JURNALISME WARGA PADA SITUS SLEMAN-FOOTBALL.COM (Studi Kasus Praktik Jurnalisme Warga Pada Rubrik Cerita Situs www.sleman-football.com Periode 7 Mei-7 Juni 2017)

Andrean, Hieronimus Aand (2017) JURNALISME WARGA PADA SITUS SLEMAN-FOOTBALL.COM (Studi Kasus Praktik Jurnalisme Warga Pada Rubrik Cerita Situs www.sleman-football.com Periode 7 Mei-7 Juni 2017). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Hieronimus Aand Andrean)
KOM04144.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Secara umum persoalan utama dari media komunitas suporter adalah memberikan ruang antar anggota komunitas untuk turut berpartisipasi. Dalam relasinya dengan perkembangan media baru, seharusnya memungkinkan dapat dimanfaatkan dengan tujuan yang lebih luas. Situs web sleman-football.com merupakan media komunitas suporter Perserikatan Sepakbola Sleman (PSS). Dalam beberapa tulisannya, komunitas sebagai masyarakat juga mengumpulkan, melaporkan, dan menganalisis pertandingan serta disajikan dalam bentuk tulisan yang kemudian diunggah dalam situs web. Peneliti menggunakan kerangka teori Jurnalisme Warga yang terbagi menjadi tiga bagian pembahasan. Pertama, mengidentifikasikan unsur-unsur yang terdapat pada citizen journalism menurut Pepih Nugraha (2012:19). Hasil dalam identifikasi ketujuh unsur yang ada pada rubrik Cerita berupa, warga biasa, bukan wartawan, menuliskan fakta, peka terhadap kejadian, menggunakan teknologi dalam proses liputan, kemampuan menulis serta memiliki semangat berbagi dengan yang lainnya. Kedua, dalam rubrik Cerita terdapat beberapa bentuk media seperti, komentar dari user atau pengguna yang dilampirkan, tulisan bersifat independen, tidak adanya komentar-komentar pembaca, berupa tulisan ringan dan memiliki situs web pribadi. Ketiga, klasifikasi bentuk-bentuk jurnalisme warga dalam 11 Layers of Citizen Journalism pada rubrik Cerita hanya memenuhi 2 klasifikasi, yaitu: situs web slemanfootball. com memberikan wadah dan ruang bagi masyarakat untuk memberikan komentar pada tulisannya (Opening Up To Public Comment) dan menjadikan masyarakat sebagai kontributor, sebelum diunggah harus melalui proses filtrasi (The Stand Alone Citizen Journalism Site: Edited Versions). Adanya komentar-komentar pada situs web sleman-football.com terilang masih minim. Minimnya komentar langsung yang ada di dalam rubrik terlebih disebabkan oleh tautan yang disediakan. Sejak dari awal berdirinya situs web ini memang menerapkan konsep masyarakat sebagai kontributor atau penulis. Keterlibatan masyarakat hanya sebatas melakukan peroses pengiriman tulisan kepada sleman-football.com. Proses filtrasi tulisan dilakukan untuk menjaga kredibilitas dari situs web. Namun masih perlu diperbaiki dalam filtrasi yang ada selama ini. Menunggu tulisan tanpa konfirmasi dari pihak pengelola bisa berdampak pada turunnya minat partisipasi masyarakat untuk kembali mengirimkan tulisan pada situs web sleman-football.com.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme Warga, Media Komunitas, Suporter PSS Sleman
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Jan 2018 11:46
Last Modified: 08 Jan 2018 11:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13398

Actions (login required)

View Item View Item