SITANGGANG, WILLYBRODUS HELGA ALPHANDITO (2017) PEMBANGUNAN APLIKASI MOBILE PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS MULTIMEDIA. S1 thesis, UAJY.
Text (WILLYBRODUS HELGA ALPHANDITO SITANGGANG)
TF06411.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Pembelajaran kewarganegaraan memiliki makna agar anak memiliki kemampuan kognitif, yakni dengan memahami nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa Indonesia, yang diwujudkan dalam bentuk perilaku dalam kehidupan sehari-hari baik sebagai individu, anggota masyarakat, warga Negara dan makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Karena itu untuk mencapai tujuan tersebut, materi kewarganegaraan dituntut untuk dapat menerjemahkan pemahaman-pemahaman tentang konsep, moral hukum dan politik yang berdasarkan teoritik. Cara penyampaian materi kewarganegaraan dapat dilakukan beragam, salah satu caranya adalah dengan melibatkan teknologi smartphone yang diimplementasikan dalam bentuk aplikasi. Aplikasi yang dirancang akan menyesuaikan kemampuan anak dan membantu anak-anak mengetahui nilai-nilai kewarganegaraan yang berdampak baik untuk pertumbuhan karakter berbangsa bagi anak. Aplikasi ini juga diimplementasikan pada perangkat mobile karena sifatnya yang interaktif dan dapat diakses dimanapun, kapanpun kita berada. Aplikasi ini akan berjalan pada platform iOS yang akan diinstal pada perangkat mobile iPad. Tools yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini adalah Xcode dan menggunakan bahasa pemrograman Objective C. Dengan dibangunnya aplikasi berbasis multimedia yang menampilkan pembelajaran tentang Kewarganegaraan, hasilnya dapat memberi pemahaman kewarganegaraan untuk siswa kelas 1 SD.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Kewarganegaraan, Multimedia, iOS. |
Subjects: | Teknik Informatika > Soft Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 10 Jan 2018 08:50 |
Last Modified: | 10 Jan 2018 08:51 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13429 |
Actions (login required)
View Item |