EVALUASI KERUSAKAN RUAS JALAN RAYA KLEDOKAN CATURTUNGGAL KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX

NASUTION, ADELIA CRISTIN (2017) EVALUASI KERUSAKAN RUAS JALAN RAYA KLEDOKAN CATURTUNGGAL KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ADELIA CRISTIN NASUTION)
TS13610.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Jalan berperan penting dalam keberhasilan pembangunan nasional karena jalan merupakan akses dari satu tempat ke tempat lain. Kondisi permukaan jalan yang baik akan memudahkan pergerakan masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi, sedangkan kondisi jalan yang buruk akan menghambat mobilitas masyarakat. Kondisi perkerasan di Jalan Raya Kledokan Caturtunggal Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta telah mengalami kerusakan. Salah satu penyebabnya kerusakan tersebut adalah beban lalu lintas yang berlebihan (overload). Penelitian dilakukan dengan mengamati kondisi perkerasan jalan yang rusak. Selain itu mengamati jumlah kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut kemudian menentukan jenis dan tingkat kerusakan jalan berdasarkan metode Pavement Condition Index (PCI). Ada dua jenis data yang diperlukan dalam penelitian ini yaitu data primer yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data volume kendaraan, dimensi jalanyang rusak, jenis dan tingkat kerusakan jalan. Data Sekunder berupa data perkerasan jalan pada awal perencanaan jalan tersebut dapat diasumsikan sendiri. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata nilai PCI tiap segemn pada ruas Jalan Raya Kledokan adalah 29,2307 dan termasuk dalam klasifikasi kerusakan buruk (poor).Berdasarkan hasil perhitungan nilai PCI secara keseluruhan dapat diketahui presentase untuk masing-masing nilai kondisi kerusakan. Untuk kondisi buruk (poor) presentasinya adalah 31,472%, kondisi sangat buruk (very poor) pesentasinya adalah 10,569%, kondisi sedang (fair) persentasinya adalah 7,166%, kodisi gaga (failed) persentasinya adalah 5,859%. Penanganan yang tepat untuk kerusakan ruas jalan tersebut adalah melakukan overlay. Tebal lapis tambahan (overlay) adalah 7 cm denganmasa layanan selama 10 tahun yaitu sampai tahun2028.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan, PCI, Overlay
Subjects: Sipil > Geo Teknik
Sipil > Geo Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Jan 2018 10:06
Last Modified: 10 Jan 2018 10:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13434

Actions (login required)

View Item View Item