KAJIAN SISTEM KESELAMATAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN BERDASARKAN INVESTIGASI KOMITE NASIONAL KESELAMATAN TRANSPORTASI (KNKT)

NATAL, HARA (2017) KAJIAN SISTEM KESELAMATAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN BERDASARKAN INVESTIGASI KOMITE NASIONAL KESELAMATAN TRANSPORTASI (KNKT). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HARA NATAL)
TS15028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Sub sektor transportasi darat memiliki peranan yang sangat penting dalam masyarakat karena sangat dominan dan menyangkut masyarakat luas, yaitu penyelenggaraan kegiatan angkutan barang, penumpang dan jasa lainnya dari suatu daerah ke daerah lainnya. Disamping manfaat tersebut, terdapat juga dampak negatif yang tidak diinginkan yaitu kejadian kecelakaan yang mengakibatkan kerugian yang sangat besar, baik materi maupun korban jiwa. Untuk mengatasi permasalahan keselamatan tersebut, pemerintah maupun Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah dan akan terus melakukan berbagai upaya antara lain melalui penyusunan perencanaan, penerapan regulasi, pembinaan, dan pengawasan terhadap aspek keselamatan dalam penyelenggaraan angkutan umum. Dengan begitu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kecelakaan di Indonesia, menganalisis faktor penyebab dan memberikan rekomendasi kepada pihak-pihak yang terkait dalam memajukan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di Indonesia. Pengambilan data dilakukan langsung di kantor Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Data tersebut berupa hasil investigasi KNKT dari tahun 2007-2017. Setelah itu data di analisis satu persatu untuk mendapatkan hasil faktor penyebab kecelakan terbanyak dan mendapatkan hasil kecelakaan yang terjadi antara mobil penumpang atau kendaraan umum. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa dari 5 aspek penyebab kecelakaan diantaranya ada aspek manusia, prasarana, sarana, manajemen transportasi dan lingkungan yang paling sering mengalami kecelakaan adalah dari aspek manusia, baik itu karena pengemudi yang mengendarai kendaraan dengan cepat ataupun karena faktor kelelahan. Untuk perbandingan kecelakaan antara kendaraan pribadi dengan kendaraan umum dari tahun 2007- 2015 dapat disimpulkan bahwa kendaraan pribadi atau mobil penumpang yang lebih sering mengalami kecelakaan dengan 46 kejadian sedangkan kendaraan umum seperti angkutan kota dan mobil bus hanya 13 kejadian. Untuk penyebab kecelakaan dari aspek prasarana di beri rekomendasi berupa inspeksi keselamatan jalan, dari aspek sarana di beri rekomendasi berupa uji KIR, dari aspek manusia, perlu adanya rekomendasi seperti melakukan sosialisasi tentang keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, dan dari aspek manajemen transportasi, perlu adanya rekomendasi yang di berikan kepada pihak PO bus, perusahaan angkutan untuk mengecek administrasi kendaraan dan pengemudi..

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), kecelakaan, lalu lintas dan angkutan jalan, investigasi
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Jan 2018 11:08
Last Modified: 10 Jan 2018 11:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13440

Actions (login required)

View Item View Item