PENGARUH KOMPLEKSITAS AUDIT, TEKANAN ANGGARAN WAKTU, DAN KOMPETENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA AUDITOR DI KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP)

Kristianti, Angela Merici Devina (2017) PENGARUH KOMPLEKSITAS AUDIT, TEKANAN ANGGARAN WAKTU, DAN KOMPETENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA AUDITOR DI KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Angela Merici Devina Kristianti)
EA20073.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh negatif kompleksitas audit, pengaruh negatif tekanan anggaran waktu dan pengaruh positif kompetensi auditor terhadap kualitas audit. Data penelitian yang diperoleh penulis berasal dari 15 Kantor Akuntan Publik di Semarang dan Jakarta. Metodologi penelitian yang digunakan adalah analisis bersifat empiris dengan pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner. Kuesioner dalam penelitian ini telah melalui uji validitas dan reliabilitas untuk menjaga kualitas data. Sebelum melakukan pengujian hipotesis, data terlebih dahulu dianalisis dengan uji statistika, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda yang mencakup uji koefisien determinasi dan uji nilai t. Hasil regresi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kompleksitas audit tidak berpengaruh terhadap kualitas audit dan tekanan anggaran waktu tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. Hal tersebut karena adanya standar dan kode etik yang dimiliki setiap KAP secara jelas dan hal ini merupakan kewajiban bagi auditor untuk tetap harus menggunakannya sebagai acuan utama dalam melaksanakan tugas audit. Responden paling banyak dalam penelitian ini merupakan auditor junior, sehingga KAP telah menentukan auditor sesuai dengan kemampuan masing-masing auditor. Faktor lainnya adalah sebagian besar KAP yang ada bukan merupakan KAP Big Four yang memungkinkan adanya perbedaan dalam melakukan audit. Sedangkan kompetensi auditor berpengaruh positif terhadap kualitas audit. hal tersebut menunjukkan bahwa dalam melakukan pengauditan, kompetensi merupakan hal yang paling penting yang dimiliki oleh auditor baik dari segi pengetahuan maupun pengalaman yang dimiliki auditor.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kompleksitas audit, tekanan anggaran waktu, kompetensi, kualitas audit, audit, auditor, kantor akuntan publik
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Jan 2018 08:14
Last Modified: 11 Jan 2018 08:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13451

Actions (login required)

View Item View Item