Rustiana, . and Harjanti, MG. Fitria and Kurniawati, Anggreni Dian PEMETAAN DESAIN KURIKULUM PROGRAM STUDI AKUNTANSI DI KOPERTIS WILAYAH V DALAM BERKOMPETISI DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA). [Research]
Text (Penelitian Ekonomi Akuntansi)
EA46224.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan memetakan desain kurikulum Program Studi Akuntansi di wilayah Kopertis V dalam penyusunan kurikulum sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dalam berkompetisi di era MEA. Dampak MEA terhadap ASEAN adalah ASEAN akan menjadi wilayah pasar tunggal maka diperlukan persiapan yang matang oleh bangsa Indonesia supaya bisa bertahan di era MEA, salah satunya adalah di bidang pendidikan, khususnya pendidikan tinggi yang berperan sangat penting dalam mencetak lulusan tenaga kerja yang terampil. Salah satu cara untuk mewujudkan peran ini adalah dengan mempersiapkan kurikulum yang mampu memfasilitasi terciptanya lulusan sarjana Akuntansi yang siap dalam menghadapi persaingan lingkup ASEAN dan juga persaingan global. Batasan masalah penelitian ini adalah Perguruan Tinggi dengan rancangan kurikulum Program Studi Akuntansi yang sesuai dengan KKNI. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan data sekunder. Data sekunder untuk penelitian ini adalah dokumentasi kurikulum Program Studi Akuntansi Perguruan Tinggi di Wilayah Kopertis V. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dalam perancangan kurikulum Program Studi Akuntansi di UAJY dan menentukan posisi tawar (bargaining position) Program Studi Akuntansi UAJY di wilayah Kopertis V.
Item Type: | Research |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | akuntansi, desain kurikulum, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, Kopertis V, Masyarakat Ekonomi ASEAN, sertifikasi profesional |
Subjects: | Akuntansi > Akuntansi Manejemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 17 Jan 2018 09:25 |
Last Modified: | 17 Jan 2018 09:25 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13481 |
Actions (login required)
View Item |