PENERAPAN STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC) PADA KERIPIK PISANG DI UKM “BU YANI” - BANTUL

Fisher, . (2017) PENERAPAN STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC) PADA KERIPIK PISANG DI UKM “BU YANI” - BANTUL. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Fisher)
TI06245.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)

Abstract

Perkembangan era industri membuat para pengusaha berlomba untuk menjadi yang terbaik. Berbagai macam strategi dilakukan untuk menunjang kemajuan perusahaan dari berbagai sumber daya yang dimiliki. Salah satunya adalah terkait kualitas produk yang dihasilkan. Produk yang bermutu salah satunya dihasilkan dari pengendalian kualitas yang bermutu, begitu juga sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pengendalian kualitas yang terjadi pada proses pembobotan/pengemasan untuk produksi keripik pisang di UKM Keripik “Bu Yani”, mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor penyebab khusus yang mengakibatkan proses tidak terkendali secara statistik, serta memberikan solusi untuk mereduksi faktor yang paling mempengaruhi agar presentase kecacatan berat bersih produk keripik pisang kemasan dapat terkendali secara statistik. Studi lapangan dilakukan untuk menjadi acuan pemilihan sampel dan dasar pengambilan solusi untuk memberikan hasil yang maksimal.Metode yang digunakan dalam proses evaluasi tersebut adalah Statistical Process Controll (SPC). Wawancara dengan pihak-pihak yang terlibat dalam proses pengemasan dilakukan untuk mendapatkan penjelasan terjadinya kondisi seperti yang dihasilkan dari proses analisis dengan metode SPC. Faktorfaktor penyebab khusus yang telah teridentifikasi digambarkan dengan menggunakan fishbone diagram. Hasil analisis dengan metode SPC menunjukkan bahwa proses pengemasan belum terkendali secara statistik. Sedangkan hasil dari brainstorming dan wawancara dengan para pekerja, yang digambarkan pada fishbone diagram, menunjukkan adanya 4 faktor utama timbulnya penyebab khusus, yaitu: manusia, peralatan, manajemen dan material

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: statistical process control, quality controll, fishbone diagram, special causes, berat bersih produk, Usaha Kecil Menengah (UKM)
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Jan 2018 08:30
Last Modified: 22 Jan 2018 09:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13507

Actions (login required)

View Item View Item