PENGARUH DESENTRALISASI FISKAL, INVESTASI PEMERINTAH DAN TENAGA KERJA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI D.I YOGYAKARTA TAHUN 2000-2015

Lumbantoruan, Eduart (2017) PENGARUH DESENTRALISASI FISKAL, INVESTASI PEMERINTAH DAN TENAGA KERJA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI D.I YOGYAKARTA TAHUN 2000-2015. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Eduart Lumbantoruan)
IE20003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator yang umum digunakan untuk menentukan keberhasilan dalam pembangunan. Pertumbuhan ekonomi dimanfaatkan sebagai ukuran dari perkembangan atau kemajuan perekonomian di suatu negara atau wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desentralisasi fiskal, investasi pemerintah dan tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari Badan Pusat Statistik (BPS). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data panel yang meliputi cross section 5 kabupaten/kota dan time series 16 tahun. Model yang digunakan yaitu Random Effect Model. Berdasarkan hasil regresi data panel dengan menggunakan Random Effect Model dapat disampaikan bahwa desentralisasi fiskal berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi di kabupaten/kota D.I Yogyakarta. Investasi pemerintah yang terjadi berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi di mana investasi pemerintah mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Selain itu faktor tenaga kerja memiliki pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: desentralisasi fiskal, investasi pemerintah, tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi.
Subjects: Ilmu Ekonomi > Moneter
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Jan 2018 08:37
Last Modified: 23 Jan 2018 08:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13528

Actions (login required)

View Item View Item