ANALISIS FASILITAS TERMINAL KEBERANGKATAN BANDAR UDARA SENTANI, JAYAPURA, PAPUA

Wairo, Carla Claudia Octavania (2017) ANALISIS FASILITAS TERMINAL KEBERANGKATAN BANDAR UDARA SENTANI, JAYAPURA, PAPUA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
TS148280.pdf

Download (565kB)
[img] Text (BAB I)
TS148281.pdf

Download (118kB)
[img] Text (BAB II)
TS148282.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB III)
TS148283.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB IV)
TS148284.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (BAB V)
TS148285.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
TS148286.pdf

Download (4MB)

Abstract

Analisis Fasilitas Terminal Keberangkatan Bandar Udara Sentani Jayapura, Papua, Carla Claudia Octavania Wairo, NPM 13 02 14828, Bidang Peminatan Transportasi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Ketersediaan fasilitas dan pelayanan yang diberikan di bandar udara Sentani dianggap masih kurang sehingga dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap fasilitas yang sudah ada serta menyesuaikannya dengan peraturan yang tersedia yaitu persyaratan teknis pengoperasian sisi darat. Penelitian Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan fasilitas di terminal keberangkatan bandar udara Sentani, Jayapura serta menyesuaikannya dengan peraturan/ ketentuan yang ada. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 125 responden yaitu penumpang bandar udara Sentani kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan software SPSS 24. Selanjutnya diolah dengan menggunakan Importance Performance Analysis dan dibagi berdasarkan kuadran yang sesuai. Dari hasil analisis dan pembahasan, diketahui waktu sibuk pada bandar udara Sentani terjadi pada pagi hari yaitu pukul 07.00-08.00 dengan jumlah penumpang rata-rata 1085 penumpang/perhari. Berdasarkan persyaratan teknis sisi darat terdapat 3 dari 6 faktor yang belum memenuhi syarat yaitu kerb keberangkatan, hall keberangkatan, dan jumlah check-in counter. Ketersediaan fasilitas untuk orang cacat dan/ atau orang tua, perlunya di sediakan tempat (gelas plastik) untuk ludah pinang, perlunya disediakan tempat sampah khusus untuk membuang bekas gelas plastik untuk ludah pinang, kelengkapan sistem informasi untuk penerbangan penumpang, tingkat/ jumlah rambu yang membantu kejelasan informasi di jalur keberangkatan, posisi peletakan rambu yang sesuai di area jalur keberangkatan, penyediaan ruang toilet khusus untuk penyandang cacat, ketersediaan air pada toilet adalah hal-hal yang penting tetapi belum memuaskan sehingga perlu di tingkatkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: fasilitas, terminal keberangkatan, bandar udara.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Jan 2018 11:49
Last Modified: 24 Jan 2018 11:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13555

Actions (login required)

View Item View Item