PENGARUH UKURAN DEWAN DIREKSI, PROPORSI KOMISARIS INDEPENDEN DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN KEAHLIAN DI BIDANG AKUNTANSI DAN/ATAU KEUANGAN KOMITE AUDIT TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 – 2016)

Budi, Felicia Voni Setia (2017) PENGARUH UKURAN DEWAN DIREKSI, PROPORSI KOMISARIS INDEPENDEN DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN KEAHLIAN DI BIDANG AKUNTANSI DAN/ATAU KEUANGAN KOMITE AUDIT TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 – 2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Felicia Voni Setia Budi)
EA20536.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kesulitan keuangan atau financial distress merupakan kondisi yang terjadi sebelum kebangkrutan. Platt dan Platt (2002) mendefinisikan kesulitan keuangan yaitu tahap penurunan kondisi keuangan perusahaan yang terjadi sebelum terjadi kebangkrutan atau pun likuidasi. Kesulitan keuangan yang dibiarkan berlarut-larut lambat laun akan mengakibatkan terjadinya kebangkrutan. Adanya ancaman kesulitan keuangan menyebabkan para manajer akan melakukan strategi-strategi yang layak untuk mengantisipasi kondisi-kondisi yang menyebabkan terjadinya permasalahan keuangan. Salah satu strategi yang diterapkan manajer adalah pengelolaan perusahaan (corporate governance) yang baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran dewan direksi terhadap financial distress, mengetahui pengaruh proporsi komisaris independen terhadap financial distress dan mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan dan keahlian di bidang akuntansi dan/atau keuangan komite audit terhadap financial distress. Penelitian dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 – 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran dewan direksi berpengaruh terhadap financial distress, proporsi komisaris independen berpengaruh negatif dan signifikan terhadap financial distress serta latar belakang pendidikan akuntansi dan keahlian di bidang akuntansi dan/atau keuangan tidak berpengaruh terhadap financial distress.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ukuran dewan direksi, Proporsi komisaris independen, Latar belakang pendidikan akuntansi dan keahlian di bidang akuntansi dan/atau keuangan, Financial distress
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Jan 2018 10:34
Last Modified: 25 Jan 2018 10:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13571

Actions (login required)

View Item View Item