Meolbatak, Emiliana Metan (2010) PENGEMBANGAN MODEL PENERIMAAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BAGI SISWA SLTP DI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. S2 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0MTF08.054.pdf Download (406kB) |
|
Text (Bab I)
1MTF08.054.pdf Download (266kB) |
|
Text (Bab II)
2MTF08.054.pdf Download (501kB) |
|
Text (Bab III)
3MTF08.054.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
|
Text (Bab IV)
4MTF08.054.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
|
Text (Bab V)
5MTF08.054.pdf Download (717kB) |
Abstract
Secara umum Indonesia memang belum sepenuhnya mengadopsi Information and Communication Technology (ICT), dalam arti dibicarakan secara luas oleh berbagai kalangan baik yang bersentuhan langsung maupun tidak langsung dengan urusan ICT dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan ICT di Indonesia baru memasuki tahap mempelajari berbagai kemungkimm pengembangan dan penerapan ICT untuk pendidikan memasuki milenium ketiga ini. Pada penelitian ini peneliti mengambil responden dari siswa-siswi SMP dengan pertimbangan bahwa pada kurikulum SMP terdapat l0% - 15% kegiatan teknologi dalam bentuk merancang dan membuat, sehingga sangat relevan tingkat SMP dijadikan Pendidikan Dasar Teknologi (PDT) atau Basic Technology Education (BTE). Sedangkan untuk pengujian model yang diusulkan Peneliti menggunakan pengelompokkan tipe sistem informasi berdasarkan Lee, Kozar, dan Larsen (2003) dengan sedikit modifikasi, yaitu (1) Sistem komunikasi dan berbasis internet, (2) sistem untuk penggunaan umum atau general purpose system seperti PC atau sistem operasi windows. (3) sistem perkantoran. Tipe sistem informasi yang paling banyak dikaji adalah sistem komunikasi, terutama teknologi internet, karena responden yang diambil adalah responden dari kalangan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Technology Acceptance Model banyak digunakan dalam analisis adopsi teknologi informasi. Tipe sistem informasi yang paling banyak diteliti adalah sistem komunikasi dan internet. Kerangka penelitian yang digunakan adalah cross-sectional dengan Structural Equation Model sebagai model penelitiannya. Pengukuran penggunaan teknologi lebih banyak bersifat self-reported dengan teknik analisisnya menggunakan meta analisis dan analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penulis berhasil membuat pengembangan model ICT untuk siswa SMP dan adanya hubungan antara TAM dan ICT
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Technology Acceptance Model, teknologi informasi, cross sectional, meta analisis |
Subjects: | Magister Teknik Informatika > Mobile Computing |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 09:18 |
Last Modified: | 26 Jan 2018 09:18 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13580 |
Actions (login required)
View Item |