PENGARUH KARAKTERISTIK INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA HOTEL BERBINTANG 3 dan 4 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Puspitasari, Fransiska Ayu (2017) PENGARUH KARAKTERISTIK INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA HOTEL BERBINTANG 3 dan 4 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Fransiska Ayu Puspitasari)
EA19974.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris pengaruh karakteristik informasi akuntansi manajemen yang digunakan manajer terhadap kinerja manajerial secara bersama – sama (simultan) dan secara individu (parsial) pada hotel berbintang 3 dan 4 di Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini sebesar 72 manajer dari hotel bintang 3 dan 4 di DIY. Hasil pengujian menunjukan bahwa penggunaan karakteristik informasi akuntansi manajemen yang terdiri atas Broadscope, Timeliness, Agregasi, dan Integrasi secara bersama – sama mempengaruhi kinerja manajerial. Langkah kedua yaitu menguji masing – masing variabel bebas karakteristik informasi akuntansi manajemen secara parsial. Hasil menunjukkan bahwa dari keempat variabel hanya variabel integrasi dan ketepatan waktu (Timeliness) yang mempengaruhi besarnya kinerja manajerial. Integrasi menjelaskan bahwa manajer akan mengambil suatu kebijakan dengan mempertimbangkan koordinasi setiap unit untuk dapat terlibat dalam pelaksanaan suatu kebijakan tersebut. Ketepatan waktu menjelaskan bahwa ketika manajer mengambil keputusan mempertimbangkan pada ketepatan waktu meliputi kecepatan akses informasi dan frekuensi pelaporan serta informasi tersebut dapat dikatakan relevan untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik informasi, Kinerja manajerial, Broadscope, Timeliness, Agregasi, Integrasi, Hotel
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Feb 2018 10:26
Last Modified: 01 Feb 2018 10:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13691

Actions (login required)

View Item View Item